Advertisement

Tol Jogja Bawen Potong Banyak Jalan Desa, Warga Akan Lewat Terowongan

Abdul Hamied Razak
Senin, 31 Januari 2022 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja Bawen Potong Banyak Jalan Desa, Warga Akan Lewat Terowongan Ilustrasi terowongan di bawah jalan tol. - Pixabay/Ruben Gal

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATol Jogja Bawen Seksi I yang dibangun bulan depan akan memotong sejumlah jalan milik jalan desa, jalan kabupaten, maupun jalan provinsi. Jalan tersebut tetap akan berfungsi dan warga akan melewati terowongan yang dibangun di bawan Tol Jogja Bawen.

Jalan penghubung antardusun yang selama ini dipakai oleh masyarakat akan dilintasi tol. Di jalan itu akan dibuat terowongan menggunakan box culvert agar penduduk tetap bisa melintas. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Ganti Rugi Lahan Tol Jogja Bawen Rp7 Triliun, Biaya Pembangunan Rp14 Triliun

“Yang jelas tidak ada [jalan penghubung] di atas jalan tol,” kata PPK Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja Bawen Wijayanto, Sabtu (29/1/2022).

Namun, ia belum bisa menjelaskan berapa jumlah jalan penghubung yang akan dibangun.

Tol Jogja Bawen mulai dibangun bulan depan dengan konstruksi sebagian besar melayang di atas Selokan Mataram.

Wijayanto mengatakan pembangunan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 terdiri dari dua bentuk, yaitu elevated (melayang) dan at grade (di atas tanah). Peta Tol Jogja Bawen Seksi I dimulai dari Tirtoadi di Kecamatan Mlati, Sleman, hingga Banyurejo di Kecamatan Tempel. Jalan ini akan dilengkapi dengan simpan susun Banyurejo. Ada beberapa titik yang dibangun secara at grade maupun elevated.

Konstruksi at grade dimulai dari Banyurejo dan begitu menuju timur masuk ke Selokan Mataram, tol dibangun elevated hingga Margokaton dan Margodadi, Seyegan. Di Margomulyo, sebagian konstruksi dibuat at grade menuju Simpang Susun Tirtoadi, Mlati.

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal Operasi Tol Jogja-Solo, Ruas Ring Road Digarap Terakhir

“Di atas Selokan Mataram elevated dan lainnya at grade,” kata dia di Balai Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sabtu (29/1/2022).

Tol Jogja Bawen akan mulai dibangun bulan depan, ditandai dengan peletakan batu pertama di Tirtoadi.

Advertisement

Rencana ground breaking atau peletakan batu pertama Tol Jogja-Bawen akan dimulai pada Maret mendatang. Pengerjaan konstruksi Seksi I tol Jogja Bawen ini diharapkan rampung pada akhir 2023.

Wijayanto mengatakan ground breaking dilaksanakan setelah land clearing pada akhir Februari mendatang. “Kemarin rencananya [ground breaking] digelar Februari, [karena tidak memungkinkan] ground breaking akan digelar pada Maret dimulai dari Tirtoadi, Mlati,” katanya.

Progres pembebasan lahan yang dilakukan di Seksi 1 ini sudah mencapai 86,26% dari total kebutuhan lahan seksi 1 sepanjang 8,8 km atau baru mencapai 5,16% dari total kebutuhan lahan Tol Jogja-Bawen sepanjang 75,82 km.

BACA JUGA: Kabar Terbaru Tol Jogja-YIA: Pembebasan Lahan Pertengahan 2022

Advertisement

“Kebutuhan lahan untuk seksi 1 sebanyak 1.299 bidang atau 526.203 meter persegi dengan uang ganti rugi sebesar Rp905 miliar,” ujar Wijayanto.

Tol Jogja Bawen punya panjang 75,82 km dan membutuhkan 8.788.019 meter persegi. Nilai total ganti rugi laghan sebesar Rp7,36 triliun. Biaya investasi pembangunannya mencapai Rp14,26 triliun dengan periode konsesi selama 40 tahun. “Konstruksi seksi 1 diharapkan selesai pada akhir 2023 dan target beroperasi 2024,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei Indikator: Polri Masih Terpuruk

News
| Senin, 28 November 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement