Advertisement

Bantul Punya OTT Sampah Liar tetapi Masalah Buang Seenaknya Masih Terjadi

Catur Dwi Janati
Minggu, 13 Februari 2022 - 18:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Bantul Punya OTT Sampah Liar tetapi Masalah Buang Seenaknya Masih Terjadi OTT pembuangan sampah liar pada Jumat (28/1/2022). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Penerapan operasi tangkap tangan (OTT) sampah liar belum manjur untuk mengatasi pembuangan sampah sembarangan yang masih terjadi di sejumlah titik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul Ari Budi Nugroho menyampaikan setelah ada OTT pembuangan sampah liar, memang sempat terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam membuang sampah.

Titik-titik pembuangan sampah liar kini mulai berkurang. Namun, tetap saja terdapat banyak sampah yang kembali dibuang pada tempat yang tidak semestinya. “Tetap dijumpai atau ditemui di bak sampah fasilitas publik jadi lokasi pembangan sampah rumah tangga,” paparnya, Sabtu (12/2/2022).

Ari mencatat masih banyak lokasi yang bukan seharusnya dijadikan tempat pembuangan sampah dan kebayakan titik tersebut berada di kawasan ruang terbuka hijau (RTH). Padahal, DLH sudah berusaha mengoptimalkan beragam cara pencegahan, seperti sosialisasi dan edukasi ke masyarakat.

DLH juga sudah bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam penyadaran masyarakat, seperti menggandeng perguruan tinggi melalui KKN tematik, PKK kabupaten, Dinas Kesehatan, kalurahan maupun intansi pemerintah lainnya.

Langkah OTT sampah liar dinilai diperlukan untuk menyadarkan dan mengedukasi masyarakat. Khususnya edukasi betapa pentingnya pengelolaan sampah dari sumber sampah. Satuan Polisi Pamong Praja Bantul menjadi salah tim yang ikut turun tangan dalam OTT sampah liar.

Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta menjelaskan OTT sampah liar dilandaskan pada Peraturan Daerah No.2/2019 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Motif pelanggar yang tertangkap rata-rata tidak mau direpotkan dengan sampah rumah tangga yang mereka timbulkan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement