Advertisement

10 Fakta GKR Mangkubumi Putri Kraton Jogja yang Jarang Diketahui: Suka Nonton Langsung Smackdown

Sunartono
Senin, 28 Februari 2022 - 13:52 WIB
Budi Cahyana
10 Fakta GKR Mangkubumi Putri Kraton Jogja yang Jarang Diketahui: Suka Nonton Langsung Smackdown GKR Mangkubumi saat memberikan sambutan dalam peluncuran buku GKR Mangkubumi Penyambung Budaya Adiluhung dan Peradaban Indonesia Modern pada Jumat (26/2/2022) malam. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Buku berjudul GKR Mangkubumi Penyambung Budaya Adiluhung dan Peradaban Indonesia Modern secara resmi diluncurkan pada Jumat (26/2/2022) malam. Beragam cerita menarik tersaji di buku ini dan mengungkap fakta-fakta putri Kraton Jogja yang jarang terungkap ke publik.

BACA JUGA: Pedagang di Kulonprogo Mengeluh karena Harga Komoditas Naik

Peluncuran buku tersebut dihadiri Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X dan permaisurinya GKR Hemas, seluruh adik kandung dari GKR Mangkubumi, mulai dari GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu dan GKR Bendara. Tokoh yang hadir di meliputi Mahfud MD, Gus Muwafiq, Profesor Sutaryo, dan Profesor Yudian Wahyudi.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Buku ini dibagi dalam tiga bab terdiri atas Bab 1 Jejak GKR Mangkubumi yang berisi berbagai tanggapan kesan, pesan serta cerita unik dan menarik dari sosok dari sejak bernama Nurmalita Sari, GKR Pembayun hingga menjadi GKR Mangkubumi. Cerita ini berasal dari keluarga terdekat di ring satu Kraton Yogyakarta.

Adapun Bab II bertajuk Menjaga Tradisi Mendorong Kemajuan merupakan tulisan dari puluhan tokoh yang mengenal GKR Mangkubumi dengan beragam kegiatan sosialnya. Bab III Sahabat Istimewa berisi cerita dari sahabat dekat dari GKR Mangkubumi. Buku ini diterbitkan sebagai kado ulang tahun ke-50 GKR Mangkubumi dan iterbitkan oleh GKR Indonesia dan Galang Press.

Pada halaman 79 buku ini disebutkan ada 10 fakta dari GKR Mangkubumi yang jarang diketahui oleh orang lain. Fakta menarik ini diungkapkan oleh adiknya, GKR Condrokirono yang memberikan keterangan kepada penulis buku. Adapun 10 fakta itu antara lain :

  1. Dulu, hobi menonton sepak bola
  2. Suka nonton acara World Wrestling Federation (WWF) atau dikenal dengan Smackdown. Bahkan sewaktu kuliah di Amerika Serikat sering menyaksikan secara langsung.
  3. Ke mana-mana setir mobil sendiri.
  4. Tidak pernah mengeluh.
  5. Sejak kecil bangun pagi pas subuh, menanak nasi dan mencuci baju.
  6. Tidak suka barang branded.
  7. Suka ke Mangga Dua, Jakarta, karena bebas menawar barang mengingat jarang pedagang yang mengenal.
  8. Tidak suka dandan, berbeda dengan sebagian besar putri Kraton.
  9. Punya Spa Nurkadatyan tetapi tidak pernah dipakai perawatan sendiri.
  10. Selalu simpel dan ekonomis.

BACA JUGA: Long Weekend, Malioboro Banjir Pengunjung

GKR Mangkubumi berterima kasih kepada tim penyusun buku. Menurutnya buku itu menjadi kado terindah di usianya yang sudah memasuki 50 tahun. Tulisan tersebut akan dijadikan sebagai refleksi untuk berbuat lebih baik lagi ke depan. Selain itu tulisan tersebut akan dijadikan sebagai masukan.

“Saya belum baca semuanya tetapi diceritain teman-teman yang mengedit buku, yang menerima, tentu kesan dari teman menulis cukup baik terhadap saya. Saya senang di satu sisi, tetapi belum menjadi kebanggaan karena apa yang saya kerjakan, belum banyak yang saya perbuat,” ucapnya saat diwawancara di sela-sela peluncuran buku.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei CSIS Buktikan Golkar Terpopuler di Mata Pemilih Muda

News
| Senin, 26 September 2022, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement