Advertisement

Hendak Melompat dari Atas Tiang Pemancar, Pria Bantul Selamat dari Percobaan Bunuh Diri  

Yosef Leon
Senin, 14 Maret 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Hendak Melompat dari Atas Tiang Pemancar, Pria Bantul Selamat dari Percobaan Bunuh Diri   Proses evakuasi seorang pria yang hendak melakukan percobaan bunuh diri di kawasan Jalan Bhayangkara No. 68 Ngupasan Gondomanan pada Senin (14/3/2022) sore - Dok. Basarnas Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Seorang karyawan swasta asal Bantul hendak melakukan percobaan bunuh diri dengan memanjat tiang pemancar yang berlokasi di lantai empat sebuah toko elektronik di Jalan Bhayangkara No. 68 Ngupasan Gondomanan pada Senin (14/3/2022) sore. Polisi menyebut, aksinya didasari karena persoalan keluarga. 

"Kejadian berawal dari masalah keluarga dan sebelum melakukan percobaan bunuh diri, pelaku sempat meng-sms kepada keluarganya terkait dengan rencana tindakannya," kata Kepala Humas Polresta Jogja, AKP Timbul Sasana Raharja. 

Aksi warga yang berusia 30 tahun itu dilakukannya sekitar pukul 13.42 WIB. Dia awalnya mengendarai sepeda motor dan memarkirkan kendaraan di area sekitar. Lantas naik ke lantai atas melalui kabel yang menjulur dari atas. Warga setempat yang melihat tindakannya sempat memperingatkan, namun tidak diindahkan. 

"Dia langsung naik ke tiang pemancar dan bediri di atas seperti hendak melompat," kata Timbul. 

BACA JUGA: 1 Juta Meter Kubuk Kubah Lava Merapi Berpotensi Runtuh & Hasilkan Erupsi Besar

Sekira pukul 14.00 WIB, petugas kepolisian membawa serta istrinya ke lokasi kejadian agar pelaku mengurungkan niatnya. Selama satu jam melakukan negosiasi, bantuan kemudian datang dari petugas Basarnas untuk melakukan evakuasi terhadap pelaku. Insiden ini sempat membuat warga heboh dan menimbulkan kerumunan di sekitar lokasi. 

"Setelah berjam-jam melakukan upaya pencegahan, petugas kemudian membawa serta keluarganya untuk mencegah aksi pelaku. Pukul 5 kurang, dia berhasil diturunkan dan kemudian dibawa ke kantor untuk pemeriksaan," kata Timbul. 

Humas Kantor Basarnas Jogja, Pipit Eriyanto menyatakan, pihaknya bersama tim gabungan menerjunkan sejumlah tim untuk melakukan evakuasi terhadap pelaku. Petugas dilengkapi dengan peralatan vertikal rescue yabg digunakan untuk melakukan evakuasi di ketinggian. 

"Tim SAR Gabungan membuat jalur evakuasi menggunakan alat vertikal rescue agar korban dapat turun dengan selamat," kata dia.

CATATAN REDAKSI:

Advertisement

Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu, seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, silakan hubungi dokter kesehatan jiwa di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

 

 

Advertisement

 

 

 

 

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Tudingan Penyelewengan Dana, Presiden ACT Angkat Bicara

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement