Advertisement

Cuaca Masih Buruk, Siaga Bencana Hidrometeorologi di Bantul Bakal Diperpanjang

Ujang Hasanudin
Minggu, 03 April 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Cuaca Masih Buruk, Siaga Bencana Hidrometeorologi di Bantul Bakal Diperpanjang Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Masa siaga bencana hidrometeorologi di Bantul bakal diperpanjang. Hal itu menyusul masih terjadinya hujan di Bumi Projotamansari, baik yang berintensitas sedang maupun lebat.

“Proses [usulan perpanjangan masa siaga bencana hidrometeorologi] masih dikonsep. Kemungkinan minggu depan baru dikoordinasikan,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Agus Yuli Herwanta, Minggu (3/4/2022).

Advertisement

Agus menjelaskan alasan mengusulkan kembali perpanjangan masa siaga bencana hidrometeorologi karena bencana hidrometeorologi seperti banjir atau luapan air sungai, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang, masih terjadi di Bantul.

BACA JUGA: Kabar Baik! Kasus Aktif Covid-19 di Bantul Tinggal 417

Bahkan dua hari lalu ada baliho yang roboh di sekitaran Blok O, Banguntapan, Bantul ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Selain itu berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY, intensitas hujan sedang sampai lebat masih terjadi di bulan ini,

“Harapannya, dengan adanya waktu siaga darurat bencana hidrometereologi maka ketika terjadi bencana langsung bisa ditangani dengan menggunakan bantuan dari dana belanja tidak terduga [BTT],” ujar tambah Agus.

BACA JUGA: Catat, Objek Wisata di Bantul Tetap Dibuka selama Ramadan dan Lebaran

Agus meminta masyarakat yang wilayahnya dilanda bencana baik tanah longsor, pohon tumbang atau bencana lain untuk segera melapor ke BPBD agar Tim Reaksi Cepat (TRC) segera meluncur ke lokasi untuk memberikan asesmen dan bantuan melalui TRC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement