Advertisement

Salut, FEB UGM Tembus Peringkat 153 Dunia

Lugas Subarkah
Senin, 11 April 2022 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Salut, FEB UGM Tembus Peringkat 153 Dunia Logo UGM. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Lembaga pemeringkatan The QS World University Ranking (QS WUR) menempatkan rumpun ilmu sosial dan studi manajemen UGM masuk dalam peringkat 153 dunia pada tahun ini. Peringkat ini meningkat setelah pada tahun sebelumnya berada pada urutan 261 dunia.

Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Didi Achjari mengaku bersyukur atas capaian tersebut yang menurutnya tidak lepas dari hasil kerja keras civitas academica FEB UGM. “Hal ini adalah bentuk pengakuan kualitas pendidikan tinggi di FEB UGM oleh lembaga perangkingan dunia,” ujarnya, Senin (11/4/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Demo Besar, Mahasiswa di Jogja Bakal Bergerak ke Jakarta

Peningkatan peringkat tersebut menurutnya tidak lepas dari pemberian otonomi dalam bentuk badan hukum yang memungkinkan perguruan tinggi negeri seperti UGM bisa lebih fleksibel untuk mencapai tujuannya dan menjalani misinya.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi dan berterima kasih kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan para mitra yang telah memungkinkan pencapaian ini.

“Kami terus meneguhkan komitmen FEB UGM untuk melakukan peningkatan secara terus menerus untuk mewujudkan visi UGM sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia,” katanya.

Dia menjelaskan ada beberapa kriteria yang dinilai oleh QS, antara lain jumlah sitasi publikasi dan reputasi lulusan. Kedua hal itu berkaitan dengan reputasi akademik dan impak yang bersumber dari kinerja para dosen.

BACA JUGA: 76 Tahun TNI AU, Upacara Peringatan Dilakukan di AAU Jogja

FEB UGM secara terus menerus meningkatkan kualitas riset dan publikasi oleh dosen dan mahasiswa melalui hibah penelitian, dukungan seminar internasional, seri webinar dengan mengundang narasumber dari praktisi maupun ilmuwan dari berbagai negara, dan kolaborasi penelitian tingkat dunia.

“Riset dan publikasi yang berkualitas tidak hanya berdampak kepada masyarakat akademik, tetapi juga kepada dunia usaha dan industri, pemerintah, dan pada akhirnya adalah masyarakat,” ungkapnya.

Sementara dari sisi reputasi lulusan, FEB UGM sendiri telah menghasilkan alumni yang duduk di berbagai posisi strategis di sektor pemerintah dan swasta di dalam maupun luar negeri. Menurutnya lulusan FEB tidak kalah bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain di dalam maupun luar negeri.

Bahkan, FEB UGM terus berinovasi agar lulusannya mencapai kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan di pasar tenaga kerja dan keadaban. Inovasi tersebut meliputi inovasi pengajaran seperti case-based learning, project-based learning, hingga experiential learning.

“Selain itu juga sejak semester awal, mahasiswa sudah dibina melalui unit Karier dan Pengembangan Mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement