Advertisement

Benarkah Pelaku Kekerasan Jalanan di Jogja dari Keluarga Miskin? Begini Jawaban Sultan HB X

Sunartono
Selasa, 12 April 2022 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
Benarkah Pelaku Kekerasan Jalanan di Jogja dari Keluarga Miskin? Begini Jawaban Sultan HB X Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan butuh survei mendalam untuk menghubungkan faktor ekonomi sebagai penyebab anak terlibat kekerasan jalanan atau dikenal luas oleh masyarakat dengan istilah klithih.

BACA JUGA: Polisi: Hampir Semua Sekolah di Jogja Punya Geng Pelajar, Sebagian Brutal

Advertisement

Sultan mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab kenakalan anak yang terlibat kekerasan jalanan. Latar belakang ekonomi tak sepenuhnya menjadi penyebab tersebut.

“Kalau miskin nyatane do nganggo sepeda motor, sepeda motore sapa? [Kalau miskin, kenyataannya pada bawa motor] pinjam atau milik sendiri. Tetapi kami mengukur orang miskin di Jogja kan susah wong nyatane ya duwe HP [pada punya ponsel],” kata Sultan di Kepatihan, Selasa (12/4/2022).

Mengaitkan ketidakharmonisan keluarga sebagai penyebab kekerasan jalanan di Jogja juga butuh survei lebih lanjut. Namun, memang ada orangtua yang tidak bersedia menerima anak setelah menjalani hukuman akibat kasus tertentu.

BACA JUGA: Ojol Mabuk Sambil Bawa Sajam di Jogja Ditangkap Polisi

“Soal ketidakharmonisan keluarga itu kemungkinan, tetapi belum pernah ada survei, memang sekarang yang kami openi [rawat] rata-rata orang tuanya tidak mau menerima lagi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rute ke Gua Kebon, Hidden Gems Kulonprogo yang Asri

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement