Advertisement

Cegah Warga Main Petasan di Kaliadem, Dinas Pariwisata Beri Mandat Begini...

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 18 April 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cegah Warga Main Petasan di Kaliadem, Dinas Pariwisata Beri Mandat Begini... Tangkapan layar kawasan wisata Kaliadem dikotori sampah kertas bekas petasan.Instagram merapi_uncover

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Pariwisata Sleman mengambil sikap atas aksi menyalakan petasan di kawasan wisata Kaliadem. Petugas diturunkan untuk menghalau warga yang bermain petasan di wilayah tersebut.

Kebijakan tersebut diambil karena maraknya warga yang menyalakan petasan di area Bunker Kaliadem. Video yang beredar belum lama ini juga menunjukkan aksi tersebut telah membuat kawasan wisata di lereng Merapi itu kotor karena sampah kertas petasan.

Advertisement

Menyaksikan video yang beredar, Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono langsung berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat dalam hal ini Desa Kepuharjo untuk menyetop aksi tersebut agar tidak merusak citra Kaliadem. Pengelola diminta menghalau dan mengingatkan warga yang ngeyel main petasan di Kaliadem

"Dari hasil koordinasi dengan kalurahan dan pengelola, kalurahan akan menugaskan pengola wisata untuk menjaga dan mengingatkan kalau ada yang akan menyalakan petasan," kata pria yang akrab disapa Pram ini kepada Harianjogja.com, Senin (18/4/2022).

Sebelumnya, video kawasan wisata Kaliadem yang kotor akibat sampah kertas bekas petasan viral di media sosial.Video yang bersumber dari akun Instagram @diqihadi97 yang diunggah ulang oleh @merapi_uncover tersebut memperlihatkan kawasan kaliadem banyak dikotori sampah kertas berwarna putih.

Baca juga: Viral! Kaliadem Kotor karena Kertas Petasan, Ini Penampakannya

Dalam video, terlihat pemandangan Gunung Merapi yang indah tanpa tertutup kabut. Sayangnya pemandangan itu terganggu dengan banyaknya sampah di kawasan tersebut.

"Niat jalan jalan sampe sini ee sampe utaranya Kaliadem isi kaya gini , mbok ya cari tempat dimana gitu lapangan kek nyalainnya , tempat wisata jadi kotor sampah kertas juga lama terurainya," caption dalam unggahan itu yang dikutip Harianjogja.com, Senin (18/4/2022).

Warganet menyayangkan kejadian itu mengingat Kaliadem adalah salah satu objek wisata favorit masyarakat di daerah lereng Merapi. Terlebih lagi Kaliadem baru saja dibuka kembali setelah ditutup karena erupsi Merapi pada Rabu (9/3/2022) lalu.

Hal itu dikhawatirkan bisa mengganggu wisatawan yang berkunjung dan merusak citra wisata Bunker Kaliadem.

"Jadi kotor banyak kertas," tulis @parjo_0622.

Namun sebagian besar yang memberikan respons di kolom komentar justru mengungkap bahwa aksi tersebut sudah biasa dilakukan.

"Penyakit tiap tahun," tulis @moko_ns.

"Tahun lalu jg gitu," timpal @abidmuslich_r.

"penyakit bulan Ramadhan ?mau gmna pun pasti hampir daerah ada gituan, apalagi tempat wisata alam malah jadi tempat fav, malah buat ajang nunjukin petasan yg keras," timpal @mhmdirfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement