Advertisement

PMK Terdeteksi di Kulonprogo, Sultan Minta Perketat Pemeriksaan di Pos Lalu Lintas Ternak

Sunartono
Selasa, 17 Mei 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
PMK Terdeteksi di Kulonprogo, Sultan Minta Perketat Pemeriksaan di Pos Lalu Lintas Ternak Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta jajarannya untuk melakukan antisipasi meluasnya penyakit mulut kuku (PMK) hewan ternak yang sudah merasuk ke wilayah Kulonprogo. Salah satu memaksimalkan kehadiran pemerintah di pos pemeriksaan.

PMK terdeteksi telah menyerang dua ekor ternak yaitu sapi dan domba di Pandowan, Kapanewon Galur, Kulonprogo. Sultan menilai penularan PMK pada hewan ternak memang ada dua kemungkinan, baik berasal dari luar maupun dari dalam DIY sendiri. Namun hal ini sudah cukup membahayakan karena yang dikhawatirkan kemungkinan bisa menyebar. Sehingga keberadaan pos pemeriksaan lalu lintas ternak menjadi penting.

Advertisement

“Masalahnya menularnya kalau tidak diantisipasi kan jadi pandemi nanti, karena membahayakan bisa kan kena manusia. Jadi pos [pemeriksaan lalu lintas ternai itu] menjadi sesuatu penting untuk selalu hadir, kalau ada pengangkutan [ternak] diperiksa betul [secara serius],” kata Sultan di Kepatihan, Selasa (17/5/2022) sore.

BACA JUGA: Calon Mahasiswa Baru! Ini Syarat Dokumen Pendaftaran UTBK 2022

Upaya pemeriksaan harus tetap dilakukan, lanjut Sultan, meski pun sebenarnya sulit untuk dilakukan pembatasan. Karena setiap transaksi ternak belum tentu selalu berpenyakit, namun keberadaan pos pemeriksaan harapannya menjadi mendeteksi lebih dini.

“Kita tidak bisa membatasi, karena belum tentu semua transaksi yang terjadi masalah Sapi itu mesti berpenyakit, jadi makanya saya [minta] di pos [pemeriksaan ternak] yang ada bagaimana mereka secara langsung bisa mendeteksi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement