Advertisement

Tak Cuma di Krakal, Posko SAR Gunungkidul di Wilayah Ini Juga Mendesak Diperbaiki

David Kurniawan
Sabtu, 18 Juni 2022 - 08:37 WIB
Arief Junianto
Tak Cuma di Krakal, Posko SAR Gunungkidul di Wilayah Ini Juga Mendesak Diperbaiki Ilustrasi abrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Kerusakan Posko SAR tidak hanya terjadi di Pantai Krakal di Kapanewon Tanjungsari. Pasalnya, pos di Pantai Wediombo di Kalurahan Jepitu, Girisubo juga butuh dibangun ulang.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 DIY, Sunu Handoko mengatakan, posko SAR di Pantai Wediombo sudah dibangun sejak 2001 lalu. Meski demikian, hingga sekarang belum ada upaya perbaikan sejak pertama kali dioperasikan.

BACA JUGA: Harga Ternak di Gunungkidul Anjlok hingga Rp6 Juta per Ekor

Menurut dia, kondisi posko sudah banyak yang rusak. Sebagai contoh di bagian atap sudah ada yang jebol, sedangkan tembok mulai mengelupas dikarenakan korosi air laut. “Rangka besinya sudah mulai terlihat. Jadi, memang sudah butuh perbaikan,” kata Sunu, Jumat (17/6/2022).

Ia mengungkapkan, untuk perbaikan sudah mengajukan ke Pemerintah DIY. Diharapkan di tahun depan, pembangunan tersebut bisa direalisasikan.

Sunu menambahkan, sebelum dilakukan perbaikan pada Jumat, juga ada tinjauan dari Bidang Aset, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul. Adapun tujuannya untuk kepastian aset serta rencana penghapusan sebelum perbaikan dilakukan. “Harapan kami bisa segera diperbaiki agar pengawasan bisa lebih optimal,” katanya.

Kerusakan Posko SAR juga terjadi di Pantai Krakal. Kondisinya sudah parah karena pondasi bangunan sudah ada yang terkikis karena abrasi air laut.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan, kondisi Posko SAR di Pantai Krakal sudah parah. Pasalnya, sudah tidak bisa digunakan lagi dikarenakan rawan ambruk. “Abrasinya sudah parah sehinggga mengikis pondasi posko,” katanya.

BACA JUGA: Terlibat Kasus Pidana, 3 PNS di Gunungkidul Dinonaktifkan

Menurut dia, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, di sekitar lokasi sudah dipasangi garis polisi. Selain itu, peralatan yang dimiliki untuk menunjang kinerja dalam pengawasan maupun evakuasi telah dipindahkan ke tempat yang lebih aman. “Untuk sementara, tugas pengawasan juga mengungsi ke warung-warung terdekat,” katanya.

Advertisement

Marjono berharap posko ini bisa dibangun ulang. Adapun lokasinya juga masih dilokasin yang sama karena letaknya strategis untuk pengawasan di kawasan pantai. “Jangan dipindah. Untuk proses pembangunan, hari ini [Jumat] juga ada pemeriksaan dari tim aset Pemkab Gunungkidul,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disdikbud Jateng Akan Kembalikan Hak Calon Peserta Didik yang Dirugikan

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement