Advertisement

Job Fair Dibuka, Ribuan Lowongan Kerja Disiapkan untuk Pemuda Gunungkidul

David Kurniawan
Jum'at, 24 Juni 2022 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Job Fair Dibuka, Ribuan Lowongan Kerja Disiapkan untuk Pemuda Gunungkidul Ilustrasi Job Fair. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ribuan lowongan kerja disediakan untuk pemuda Gunungkidul dalam bursa kerja selema tiga hari.  Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja menggelar job fair di Gedung Kesenian Wonosari di Kalurahan Baleharjo, Wonosari mulai Jumat (24/6/2022). Bursa kerja ini mampu menyerap ribuan tenaga kerja asal Gunungkidul.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Asih Wulandari, mengatakan job fair dibuka pada Jumat pukul 10.00 WIB. Rencananya kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada Minggu (26/6/2022). “Mudah-mudahan berjalan sukses,” kata Asih kepada wartawan, Jumat siang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Melerai Perkelahian, Lurah Timbulharjo Bantul Dipukuli Hingga Berdarah & Dioperasi

Menurut dia, bursa kerja ini diikuti tak kurang 20 perusahaan yang berasal dari Gunungkidul maupun luar kabupaten. Lowongan kerja yang dibuka meliputi berbagai sektor mulai dari usaha jasa pariwisata, perbankan, konveksi, kuliner hingga perusaahaan telekomunikasi.

“Bursa kerja digelar untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang membuka lowongan. Jadi, melamarnya tidak harus ke perusahaan, tapi bisa dilaksanakan di Gedung Kesenian,” ungkapnya.

Dia berharap job fair mampu menyerap tenaga kerja sehingga jumlah pengangguran dapat dikurangi. Pasalnya, dari 20 perusahaan yang mengikuti ada sekitar 6.000 lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Asih menambahkan, target peserta dalam job fair adalah pemuda yang baru lulus sekolah di tingkat SMA/SMK atau sederajat. Jawatannya menggandeng Bursa Kerja Khusus (BKK).

“BKK merupakan milik SMK. Jadi mereka memiliki data-data siswa yang lulus, baik yang sudah bekerja atau belum sehingga bisa dimobilisasi untuk berpartisipasi dalam job fair,” katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Jalan Menuju TPST Piyungan Memprihatinkan, Rusak karena Dilalui Truk Sampah hingga Tambang Batu

Hal senada diungkapkan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Kelik Yuniantoro. Dia berharap job fair berjalan dengan sukses dan warga Gunungkidul dapat memperoleh pekerjaan yang layak. “Tujuannya memang untuk mengurangi pengangguran,” katanya.

Menurut Kelik, bursa kerja ini merupakan yang perdana setelah pandemi Covid-19 muncul di 2020 lalu. “Selain lewat bursa kerja, informasi lowongan pekerjaan untuk masyarakat juga kami umumkan melalui resmi yang dimiliki dinas,” katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pencarian Korban Gempa Cianjur Hari Terakhir: 334 Meninggal, 8 Masih Hilang

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement