Advertisement

Sambut JJLS, Pelabuhan Gesing Disiapkan, Ini Dia Gambarannya

Arief Junianto
Rabu, 27 Juli 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Sambut JJLS, Pelabuhan Gesing Disiapkan, Ini Dia Gambarannya Puluhan perahu jongkong bersandar di Pantai Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, belum lama ini. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pembangunan infrastruktur di selatan DIY terus digeber. Selain membebaskan lahan untuk Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau jalur Pansela, Pemda DIY juga sedang membangun Pelabuhan Gesing dengan konsep pelabuhan perikanan dan pariwisata. Pelabuhan ini digadang bakal meramaikan perkembangan ekonomi wilayah selatan DIY.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Bayu Mukti Sasongko menjelaskan keberadaan Pelabuhan Gesing merupakan bagian dari upaya Pemda dalam menangkap peluang keberadaan Jalur Pansela.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pembangunan konstruksi pelabuhan Gesing yang terletak di Panggang Gunungkidul sudah dilaksanakan pengerjaan untuk tahap pertama dengan anggaran Rp115 miliar.

BACA JUGA: RKUHP Ancam Kemerdekaan Pers, Ini Permintaan Dewan Pers

Hingga Juli 2022 ini pembangunan fisik sudah mencapai 25%. Pengerjaan itu meliputi penggalian untuk tempat bersandarnya kapal serta pembuatan akses jalan yang lebih ideal.

Dia menargetkan pada awal 2023 dilakukan uji coba untuk pemberhentian kapal di dermaga kemudian diluncurkan.

“Pengerjaan fisik tahap pertama ini kami targetkan selesai pada pertengahan Desember 2022. Prinsipnya untuk tahun ini Pelabuhan Gesing bisa untuk pendaratan kapal, dermaga dan kolam pelabuhan rampung tahun ini,” katanya kepada Harianjogja.com, Rabu (27/7/2022).

Kemudian fasilitas pendukung dari zona inti akan dimulai pembangunan pada tahap berikutnya yang diusulkan sekitar Rp30 miliar pada 2023 mendatang. Keberadaan bangunan pendukung ini diharapkan dapat memaksimalkan pelabuhan untuk pengembangan ekonomi.

Advertisement

Pelabuhan ini memiliki luas total lima hektare yang di dalamnya termasuk kolam pelabuhan seluas 1,36 hektare. Kolam itu mampu menampung hingga 30 unit kapal berkekuatan antara 10 GT hingga 30 GT. Sedangkan untuk kapal motor tempel diperkirakan bisa tertampung mencapai 100 unit.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo, Jumat (9/12/2022)

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement