Advertisement

Tinggalkan Elpiji, Bupati Sleman Gencarkan Penggunaan Jaringan Gas ke Rumah-Rumah

Anisatul Umah
Minggu, 31 Juli 2022 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Tinggalkan Elpiji, Bupati Sleman Gencarkan Penggunaan Jaringan Gas ke Rumah-Rumah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kini tengah berupaya menggencarkan penggunaan jaringan gas bumi ke rumah-rumah penduduk. Bahan bakar dengan jaringan gas ini ke depan bisa menggantikan penggunaan gas elpiji. 

Potensi pengembangan jaringan gas (Jargas) di Kabupaten Sleman tahun ini telah mencapai sekitar 5.300 Sambungan Rumah (SR). Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam kunjungan ke PGN Sales Operation Region (SOR) III di Surabaya mengatakan penggunaan Jargas ini lebih efektif dan efisien.

"Kunjungan ke PGN di Surabaya ini dalam rangka orientasi pengembangan gas negara. Setelah kami mengunjungi kantor PGN SOR III dan fasilitas gas untuk masyarakat, utamanya di rusunawa dan UMKM," ungkapnya.

Dia menjelaskan ongkos yang dikeluarkan untuk kebutuhan Jargas masih lebih murah dibandingkan dengan harga gas LPG baik tabung melon atau subsidi dan tabung ukuran 5 kg dan 12 kg atau non subsidi.

BACA JUGA: Pemaksaan Siswi Berjilbab Kerap Terjadi di DIY, Setara Institute Desak Pemda Lakukan Evaluasi Menyeluruh

Selain lebih murah, pemanfaatan gas bumi ini juga lebih bersih, aman, dan nyaman. Apalagi produksi gas bumi melimpah di dalam negeri, tidak seperti LPG yang pemenuhannya dari impor.

"Kami berharap masyarakat Sleman bisa memanfaatkan program Jargas, khususnya untuk masyarakat perkotaan karena lebih efektif dan efisien untuk mengeluarkan dana bagi rumah tangga. Mari masyarakat Sleman ayo gunakan gas PGN karena lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Sementara itu, General Manager PGN SOR III Edi Armawiria menyampaikan ucapan terima kasih atas respon positif Bupati Sleman atas program Jargas di Jawa Tengah bagian Selatan dan Yogyakarta. Menurutnya sosialisasi gencar dilakukan PGN kepada masyarakat agar program ini cepat terealisasi.

"Beberapa sudah kami lakukan sosialisasi, karena di PGN itu tidak hanya Tim Teknis saja yang ada, tetapi juga ada Tim Pokja yang berhubungan dengan pelanggan dan rumah tangga," ungkapnya.

Advertisement

Mengenai potensi pemanfaatan Jargas di Jateng bagian selatan dan Jogja, ia mengatakan lebih banyak pelanggan komersial, kecil dan rumah tangga. Sementara untuk industri berada di pinggiran kota.

PGN SOR III saat ini telah mengelola pipa gas bumi sepanjang 2.947 km untuk memenuhi kebutuhan gas bumi pada 150.067 pelanggan di berbagai sektor.

Tidak hanya melalui pipa  sejumlah pelanggan juga telah dilayani dengan moda non pipa melalui Compressed Natural Gas (CNG), seperti halnya di Magelang, Jawa Tengah, yang saat ini telah berjumlah 201 pelanggan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Istri di China Menuntut Selingkuhan Suaminya Senilai Rp8,2 Miliar

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement