Advertisement

Penguatan Keistimewaan DIY Jadi Prioritas Nasional Kemendagri

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Penguatan Keistimewaan DIY Jadi Prioritas Nasional Kemendagri Rapat Pembahasan Isu Strategis Desentralisasi dan Otonomi Daerah 2022 yang digelar di Hotel Royal Ambarukmo, Jumat (12/8/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Penguatan Implementasi Keistimewaan DIY masuk dalam prioritas nasional dalam ruang lingkup Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurut Sekretaris Ditjen Otda Kemendagri Madaremmeng, implementasi status Istimewa DIY saat ini dinilai sangat baik sehingga perlu ada penguatan. Keistimewaan DIY akan diperkuat dalam bentuk dukungan fasilitas dan keberlanjutan berbagai program yang telah dilaksanakan selama ini.

BACA JUGA: Danais Baru Cair Separuh, Pembangunan Lumbung Pangan Mataraman Baru Capai 50%

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Penguatan program dan fasilitas untuk Keistimewaan DIY menjadi bagian dari prioritas nasional Kemendagri," ungkap Madaremmeng di hadapan para Direktur di lingkup Ditjen Otonomi Daerah dalam Rapat Pembahasan Isu Strategis Desentralisasi dan Otonomi Daerah 2022 yang digelar di Hotel Royal Ambarukmo, Jumat (12/8/2022).

Tahun 2002 ini, lanjutnya, masyarakat DIY akan memperingati 10 tahun penetapan status keistimewaan daerahnya. Penetapan status Keistimewaan DIY tersebut diatur dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2012.

Pada 10 Oktober 2022 mendatang, Raja Keraton Ngayogyakarta, Sri Sultan HB X kembali melanjutkan jabatannya hingga tahun 2027. HB X akan dilantik pada tahun 2022 menjadi Gubernur DIY.

Selain memperkuat Keistimewaan DIY dari berbagai program seperti kesejahteraan masyarakat baik dari sisi ekonomi maupun sosial, katanya, Kemendagri juga menyinggung isu strategis Prioritas Nasional Ditjen Otda hingga 2024. Di antaranya, dukungan fasilitas implementasi kebijkan daerah otonomi khusus Aceh, juga keberlanjutan kekhususan Jakarta serta IKN Nusantara.

"Kemendagri juga fokus memberi dukungan pada pelaksanaan Pilkada 2024, tindak lanjut fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan tiga DOB di Papua, dan penyederhanaan birokrasi," ujarnya.

Saat peringatan 10 tahun atau satu dasawarsa hadirnya Undang-undang Keistimewaan (UUK) DIY, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji berharap, mengaratan momentum tersebut menjadi bahan evaluasi kinerja keistimewaan.

Advertisement

BACA JUGA: Berburu Kuliner di Sumbermulyo, Bantul? Ganjuran Food Court Saja

Pemda DIY bersama kabupaten kota diminta untuk mengedepankan harapan masyarakat atas hadirnya UUK dengan mewujudkan kesejahteraan.

"Banyak hal yang perlu ditinjau ulang berkaitan dengan kerja-kerja penguatan keistimewaan di DIY. Satu dasawarsa UUK hendaknya kita gunakan sebagai ajang introspeksi diri, apa yang sudah dikerjakan dan apa yang belum," kata Aji dalam peringatan satu dasawarsa UUK di kawasan Malioboro, Rabu (10/8/2022) malam.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement