Advertisement

Rp400 Miliar Duit Tol Digelontorkan ke Warga Purwomartani Kalasan 

Abdul Hamied Razak
Rabu, 24 Agustus 2022 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Rp400 Miliar Duit Tol Digelontorkan ke Warga Purwomartani Kalasan  Petugas sedang membuat peta pengukuran area terdampak pembangunan jalan tol di Kadirejo II Purwomartani, Selasa (18/8 - 2020)./Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Proses pembayaran uang ganti kerugian (UGR) bagi warga terdampak Tol Jogja Solo terus berlanjut. Saat ini, proses pembayaran UGR dituntaskan bagi empat padukuhan terakhir di Kalurahan Purwomartani, Kalasan. 

Total nilai UGR yang disalurkan kepada 286 pihak yang berhak (pyb) pemilik 272 bidang terdampak pembangunan tol Jogja-Solo sebesar Rp401,1 miliar. Total luas area yang dibebaskan sebanyak 125.909 meter persegi. Pembayaran UGR dilaksanakan secara bertahap. Sejak Rabu (24/8/2022) hingga Kamis (1/9/2022) mendatang. 

Advertisement

"Hari ini diserahkan UGR kepada 60 pyb, baik Cupuwatu II, Dusun Karanglo dan sebagian warga terdampak di Dusun Somodaran. Total nilai UGR yang disalurkan Rp70,6 miliar untuk 55 bidang seluas 24.339 meter persegi," kata Kepala Kanwil BPN DIY, Suwito saat ditemui di sela kegiatan.

Adapun proses penyaluran UGR selanjutnya, akan dilaksanakan pada Kamis (25/8/2022). Dana tersebut akan disalurkan kepada 64 pyb bagi sebagian warga Dusun Somodaran dan Dusun Babadan. Total nilai UGR yang disalurkan sebesar Rp94,6 miliar untuk 64 bidang seluas 32.377 meter persegi.

BACA JUGA: Penganiayaan di Sekitar Asrama Papua Makan Korban Jiwa, Sultan Angkat Bicara

"Setelah seluruh proses pembayaran UGR, kami akan tindak lanjuti dengan penyerahan hasil dan pemecahan sertifikat. Yang sudah dibayar UGR nya," kata Suwito.

Dijelaskan dia, masih ada sejumlah kalurahan yang belum dibebaskan lahannya untuk pembangunan jalan tol Jogja Solo seksi 1. Baik karena masih dalam proses penilaian tim appraisal, musyawarah warga, pengajuan surat perintah membayar (SPM) ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Di antaranya, yang belum menerima UGR Tegalrejo (Tamanmartani) dan Bokoharjo Prambanan yang tinggal menunggu pembayaran.

"Mereka tinggal menunggu jadwal pembayaran. Selain itu, tiga kalurahan di seksi 2 Jogja-Solo meliputi Untuk Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo juga akan dibayar tahun ini. Kami menunggu dari PPK," jelas Suwito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement