Advertisement

Didatangi Sandiaga Uno, Pengelola Wisata Dewi Kampus Gunungkidul Keluhkan soal Toilet

David Kurniawan
Rabu, 31 Agustus 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Didatangi Sandiaga Uno, Pengelola Wisata Dewi Kampus Gunungkidul Keluhkan soal Toilet Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat menerima cenderamata keris dari Bupati Gunungkidul, Sunaryanta saat berkunjung di Pantai Indrayanti, Kalurahan Tepus, Tepus. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kalurahan Tepus (Dewi Kampus), Tepus, tepatnya di kawasan Pantai Indrayanti atau Pulangsawal, Rabu (31/8/2022).

Kesempatan ini dipergunakan oleh anggota kelompok untuk mengadu fasilitas toilet di kawasan wisata yang dinilai belum representatif.

Ketua Pengelola (Dewi Kampus), Suheri mengatakan, pengembangan wisata di Kalurahan Tepus berjalan dengan baik. Hal ini tak lepas adanya penghargaan dari Kemenparekraf atas nominasi 50 besar Anugerah Dewa Wisata Indonesia (ADWI) yang diraih di 2021 lalu. “Penghargaan ini menjadi penyemangat untuk mengembangkan desa wisata yang lebih baik lagi,” kata Heri, Rabu siang.

Meski demikian, ia mengakui didalam pengembangan masih butuh perbaikan sarana dan prasarana pendukung. Salah satunya berkaitan fasilias toilet di kawasan wisata.

Heri tidak menampik fasilitas ini sudah tersedia, tapi kondisinya belum memenuhi standar alias seadanya. Menurut dia, keberadaan toilet butuh perbaikan dari sisi kualitas maupun jumlah.

Sebagai contoh, keberadaan toilet saat ini masih menyatu. Sesuai dengan standarisasi yang ada, seharusnya antara toilet laki-laki dan perempuan harus dipisah. Selain itu, hingga sekarang juga belum ada fasilitas toilet duduk.

Untuk kawasan wisata di Tepus, Heri mengaku sudah melakukan identifikasi. Adapun kebutuhan total mencapai sekitar 400 unit toilet. “Mudah-mudahan dengan kehadiran Mas Menteri [Sandiaga Uno] bisa merealisasikan bantuan sehingga upaya memberikan rasa aman dan nyaman ke pengunjung dapat terus ditingkatkan,” katanya.

Menteri Parekraf, Sandiaga Uno menyambut baik tentang keluhan yang disuarakan oleh pengelola Dewi Kampus. Menurut dia, untuk penanganan akan bekerjasama Satgas Toilet Indonesia. “Kebetulan saya ketuanya,” kata Sandiaga.

Menurut dia, sesuai dengan yang telah disampaikan ke kelompok ada sekitar 400 unit toilet yang dibutuhkan. Penambahan ini akan dilaksankaan secara bertahap dengan melibatkan dunia usaha dengan pola kolaboratif sehingga keberadaan fasilitas bisa terus diperbaiki. “Tentunya juga melibatkan para stakeholder untuk menambah sarana dan prasarana ini,” katanya. (David Kurniawan)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement