Advertisement

Sandiaga Uno: Berwisata ke Gunungkidul Tak Bikin Kantong Kering

David Kurniawan
Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Sandiaga Uno: Berwisata ke Gunungkidul Tak Bikin Kantong Kering Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta saat lari pagi di Kalurahan Logandeng, Playen, Rabu (31/8/2022)/Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memuji wisata di Gunungkidul. Hal ini dikarenakan jarak antar wisata dekat sehingga tidak membuat pengunjung mengeluarkan banyak uang.

“Saya menginap di sekitaran Wonosari untuk sampai di destinasi wisata Tepus hanya butuh waktu 30-35 menit. Berarti ini menjadi salah satu tujuan wisata yang Enggak bikin kantong kering, tidak bikin kepala pening, bisa healing dan refreshing,” kata Sandiaga saat berkunjung ke Pantai Indrayanti di Kalurahan Tepus, Tepus, Rabu (31/8/2022).

Menurut dia, Gununngkidul memiliki banyak destinasi. Keberadanaan juga sudah diakui. Sebagai contoh untuk Desa Wisata Kalurahan Tepus (Dewi Kampus) masuk 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Adapun prestasi lainnya diraih oleh Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa terbaik di dunia di 2021.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Sandiaga mengakui banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Pasalnya, pengelolaan destinasi ini bisa memberikan dampak yang bagus. Salah satunya upaya pengurangan kemiskinan di Gunungkidul yang saat sekarang masih terhitung tinggi.

“Dari sektor wisata bisa memunculkan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru. Jadi, harus dioptimalkan karena dampaknya akan sangat baik,” katanya.

Menurut dia, pengembangan tidak hanya dengan mengandalkan potensi alam. Optimalisasi bisa dilakukan dengan menggelar even-even yang dapat meningkatkan kunjungan.

Sandi mengungkapkan, topografi di Gunungkidul memiliki potensi pengembangan sports tourism. Oleh karenanya, ia mendorong kepada pemkab atau dinas pariwisata untuk menyelenggarakan even olahraga di kawasan wisata.

BACA JUGA: Minta Jangan Ada Kekerasan Fisik di Jogja, Sultan: Mbok Pun Penggalih

“Bisa Gunungkidul 10K, half marathon atau cross country. Kami [kemenpraf] siap untuk mendukung acara-acara seperti ini,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, pengembangan sports tourism bukan tanpa alasan. Sandi mengaku sudah melakukan lari pagi saat menginap di Wonosari.  “Tadi pagi bersama bupati lari bareng. Suasananya sejuk dan masih sangat asri. Saya senang bisa balik lagi ke Gunungkidul,” katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengapresiasi kedatangan Sandiaga Uno ke Gunungkidul. Dia berharap, kedatangannya ini bisa ikut mendongkrak kunjungan wisatawan ke bumi Handayani.

“Potensi wisata Gunungkidul sangat beragam dan upaya pengembangan akan terus dilakukan,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Syarat Calon Prajurit Diperlonggar, Fadli Zon Sentil Panglima TNI

News
| Selasa, 27 September 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement