Advertisement

Sejumlah Pantai Kulonprogo Alami Gelombang Tinggi

Catur Dwi Janati
Rabu, 31 Agustus 2022 - 08:47 WIB
Sirojul Khafid
Sejumlah Pantai Kulonprogo Alami Gelombang Tinggi Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gelombang tinggi air laut sempat tinggi di pesisir pantai selatan Kulonprogo. Masyarakat diminta berhati-hati dalam beraktivitas di pesisir selama gelombang tinggi terjadi.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko, menjelaskan bila kondisi gelombang tinggi terjadi di hampir sepanjang pantai selatan Kulonprogo. Di Glagah, gelombang air laut tinggi hingga sampai ujung pemecah gelombang. 

"Untuk siang ini, tadi pagi sempat naik gelombang pantai selatan. Ini untuk di Pantai Glagah itu sampai atas di ujung pemecah gelombang. Kemudian untuk yang Pantai Mlarangan Asri ini sampai di bawah cemara itu, pohon cemara," terangnya pada Selasa (30/8/2022).

Di bagian Barat, tepatnya di selatan YIA bekas jalan putus, air sempat naik sampai ke jalan. Namun kondisi berbeda terjadi di sejumlah pantai lain. Di Congot dan Bugel, gelombang cenderung landai. 

BACA JUGA: Investasi di Kulonprogo Terhambat Harga dan Luasan Lahan

"Untuk yang di Congot ini mandali (aman terkendali), untuk yang di Bugel juga mandali. Trisik terpantau juga sempat naik tapi secara umum ini terpantau mandali," tandasnya.

Aris telah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitas di sekitar laut saat ini. "Untuk nelayan ini juga tidak ada yang melaut, kemudian untuk aktivitas jaring eret kemudian juga penjala, pemancing ini sudah kami imbau untuk sementara mewaspadai adanya gelombang tinggi," tandanya.

BACA JUGA: Dorong Percepatan Vaksin, Kulonprogo Hadirkan Petugas Vaksin ke Pelosok

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta untuk Tragedi Stadion Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement