Advertisement

Indonesia Re Pantau Perkembangan UMKM Binaan Kelompok Tirta Mas

Media Digital
Sabtu, 24 September 2022 - 07:47 WIB
Arief Junianto
Indonesia Re Pantau Perkembangan UMKM Binaan Kelompok Tirta Mas Rombongan Indonesia Re bersama kelompok Tirta Mas memanen ikan di salah satu kolam kelompok Tirta Mas, di Ledoksari, Kalurahan Tunjungtirto, Kapanewon Berbah, Jumat (23/9/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

SLEMAN PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re melihat langsung perkembangan salah satu mitra binaannya, kelompok pembudidaya ikan, Tirta Mas, di Ledoksari, Kalurahan Tunjungtirto, Kapanewon Berbah, Jumat (23/9/2022).

Direktur Utama Indonesia Re, Benny Waworuntu, menjelaskan pembinaan ini termasuk dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). "Ada tiga fokus. Pertama, pendidikan; kedua, lingkungan hidup; ketiga, UMKM. Ini adalah program yang fokus kepada UMKM," katanya, Jumat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Adapun wujud dukungan yang diberikan kepada kelompok Tirta Mas yakni dana bergulir. Dari 2017 hingga saat ini sudah ada dua kali pencairan dana bergulir, masing-masing Rp500 juta yang dicicil selama dua tahun.

"Kami datang ke sini salah satunya untuk memastikan mereka bangkit. Setelah dua tahun terkena pandemi, kami bertemu dan melihat di lapangan situasi seperti apa. Tidak hanya uang [dana bergulir] kami juga memberi pembekalan dan motivasi," ujar dia.

BACA JUGA: Sleman Dukung Indonesia Eliminasi TBC di 2030

Ia berharap dengan dukungan dari Indonesia Re, para pelaku UMKM dapat memperkuat ketahanannya khususnya dalam menghadapi krisis seperti pada masa pandemi. "UMKM berkontribusi 61 persen PDB di Indonesia jadi harus dikuatkan terus," kata dia.

Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM & Corporate Secretary Indonesia Re, Robbi Yanuar Walid, melihat sejauh ini perkembangan mitra binaan Tirta Mas sudah cukup baik. "Kami juga menggandeng PT Gelar untuk monitor di lapangan, apa kendala-kendalanya," ujarnya.

Dalam dua kali program yang telah direalisasikan, Kelompok Tirta Mas bisa mengembalikan dana bergulir sesuai waktu yang ditentukan. "Ini salah satu contoh yang berhasil. Kami memastikan mereka bisa bangkit lagi sehingga bisa usaha lagi, bisa nyaur hutang lagi," ungkapnya.

Advertisement

Ketua Kelompok Tirta Mas, Slamet Supriyono, menuturkan kelompok Tirta Mas terdiri dari 30 anggota pembudidaya ikan dengan jumlah kolam saat ini sebanyak 70 kolam. Jumlah tersebut merupakan hasil pengembangan selama didampingi Indonesia Re, dari jumlah sebelumnya sekitar 30 kolam.

Dengan lahan sewa dari perorangan maupun tanah kas desa, kelompok Tirta Mas menghasilkan ikan baik benih maupun pembesaran. "Dulu sebelum pandemi kalau panen paling tidak satu ton. Kalau sekarang nila setiap hari ke pasar satu kuintal," katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fantastis! Segini Harta Kekayaan Calon Panglima TNI Yudo Margono yang Dipilih Jokowi

News
| Senin, 28 November 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement