Advertisement

Super Nekat! Sambil Isi BBM, Maling di Kulonprogo Gasak Uang di Laci SPBU

Catur Dwi Janati
Selasa, 27 September 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Super Nekat! Sambil Isi BBM, Maling di Kulonprogo Gasak Uang di Laci SPBU Ilustrasi. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Pencuri nekat menggondol uang di laci kasir SPBU Sindutan, Kulonprogo. Dengan modus mengisi BBM, Pencuri menggasak uang ratusan ribu rupiah yang disimpan di laci SPBU.

Pengawas SPBU Sindutan, Arif Gunawan menerangkan waktu kejadian pencurian, hanya ada dua kendaraan yang mengantre pengisian BBM. Saat mobil pertama selesai mengisi BBM, giliran mobil yang digunakan terduga pelaku mengisi BBM.

Advertisement

"Mobil yang pertama sudah pergi dari antrean, lalu mobil yang tersangka itu membeli Pertalite. Pada saat operator sedang menginput nomor plat, penumpang dari mobil tersebut langsung mendekati meja kasir," terangnya pada Selasa (27/9/2022)

Arif menjelaskan setelah mendekati kasir penumpang tersebut berpura-pura mengobrol dan duduk di meja kasir. Sambil mengobrol terduga pelaku tersebut memasukkan tangannya mengambil uang di laci meja kasir.

"Pas kebetulan uang yang di laci, jumlah uang pecahan Rp2.000-an sama Rp10.000an dan Rp5.000-an, uang-uang kecil lah, jadi [total] cuma Rp400.000-an," jelasnya.

BACA JUGA: Terinspirasi Bung Tomo & Soedirman, Warga Ukraina Siap Mati

Dituturkan Aris, kejadian pencurian semacam ini baru pertama kali terekam CCTV. Saat ganti sif, operator menghitung uang yang ada di laci namun kurang. Sementara bon-bon yang ada di dalam laci pun ikut raib.

"Terus kami curiga ini ada apa kok semua hilang. Terus kami baru cek ke CCTV, kejadian sekitar 11.30 WIB," tambahnya.

Kapolsek Temon, Kompol Riyono menerangkan terduga pelaku memiliki ciri-ciri berperawakan sedang mengenakan baju warna biru muda dan celana krem. Bila dilihat dari plat kendaraan yang terekam dari CCTV, kendaraan yang dibawa terduga pelaku berplat nomor luar Jogja.

"Jadi modusnya mereka itu, si pelaku pura-pura mengisi BBM. Begitu petugas SPBU sedang mengisi BBM, mereka mencari lengahnya petugas SPBU. Lalu mereka duduk di tempat kursi yang semestinya digunakan petugas di SPBU, yang deket laci. Saat petugas SPBU ini mengisi BBM, mereka dengan cepat mengambil uang yang ada di laci," jelasnya.

Atas kejadian ini, Riyono mengimbau SPBU lebih berhati-hati dan harus lebih waspada. "Kepada [petugas] pengisi BBM, kalau memang masyarakat yang isi BBM jangan dibolehkan duduk di deket laci," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement