Advertisement

Pemkab Sleman Targetkan 98% UHC pada 2024 Mendatang

Abdul Hamied Razak
Rabu, 28 September 2022 - 06:27 WIB
Arief Junianto
Pemkab Sleman Targetkan 98% UHC pada 2024 Mendatang Penandatanganan PKS antara Kepala Dinkes Sleman dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, di Ruang Rapat Kantor Bupati Sleman, Senin (26/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan Universal Health Coverage (UHC) di Sleman, BPJS Kesehatan dan Pemkab Sleman menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) untuk meningkatkan cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan Pemkab menyambut baik penandatangan PKS yang dilakukan oleh BPJS Sleman dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kerja sama ini sekaligus menjadi bukti komitmen Pemkab Sleman untuk memberikan jaminan serta kepastian perlindungan atas hak jaminan sosial kesehatan bagi setiap warga," kata dia melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (27/9/2022). 

Dijelaskan Kustini, hingga 1 Sepember 2022, dari jumlah penduduk Sleman 1.089.365 jiwa sebanyak 96,21% telah terdaftar dalam Program JKN.

BACA JUGA: Sesalkan Pernyataan ORI soal Seragam, Berikut Respons Beberapa Sekolah di Sleman

Capaian tersebut, kata Kustini, salah satunya berkat sinergi dan kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Sleman. Adapun PKS yang disepakati terkait dengan perluasan kepesertaan JKN untuk menjaga keberlangsungan UHC di Sleman. 

"Harapannya sebelum 2024, capaian UHC bisa terwujud sebesar 98 persen. Kurang dua persen lagi untuk mencapai target tersebut. Mohon agar seluruh instansi berkolaborasi, sinergi dan bekerja sama untuk membantu masyarakat," katanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, M Idar Aries menyebut selama ini Pemkab Sleman telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya sehingga tercapai UHC dengan kepesertaan sebanyak 96,21 persen dari seluruh jumlah penduduk di Sleman. 

Advertisement

Menurutnya, kerja sama dan sinergi yang baik antara Pemkab Sleman dengan BPJS Kesehatan memberikan harapan yang baik serta merajut optimisme dalam peningkatan UHC di Sleman.

"Perjuangan, kerjasama dan sinergitas bersama untuk mewujudkan UHC Sleman kami mulai per 1 Oktober 2022, agar ada jeda waktu untuk verifikasi dan validasi data," ucap Nandar.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement