Advertisement

Tol Jogja-YIA Mulai Disosialisaikan ke Perangkat Kalurahan di Sleman

Lugas Subarkah
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja-YIA Mulai Disosialisaikan ke Perangkat Kalurahan di Sleman Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Setelah tim persiapan terbentuk, Tol Jogja-Solo seksi 3 atau sepanjang Jogja sampai dengan Yogyakarta International Airport (YIA) sudah mulai disosialisasikan di tingkat perangkat kalurahan. Di Wilayah Sleman, sosialisasi berlangsung di kompleks Kantor Pemkab Sleman, Jumat (14/10/2022).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sleman, Aji Wulantoro, menjelaskan sosialisasi ini baru tahap awal. “Dengan mengundang lurah dan panewu yang wilayah mereka akan dilewati tol. Jadi masih rancangn awal,” ujarnya.

Advertisement

Sosialisasi ini masih bersifat internal sehingga belum bisa dipublikasikan apa saja yang disampaikan. Senada dengan Aji, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembebasan lahan Tol Jogja-Solo, Dian Ardiyansyah juga masih enggan membuka data rinci persiapan Seksi 3 ini.

Secara garis besar, kalurahan di wilayah Sleman yang dilewati Tol Jogja YIA meliputi Tirtoadi di Kapanewon Mlati; Trihanggo, Nogotirto, Banyuraden, Ambarketawang dan Balecatur di Kapanewon Gamping; Sidoarum, Sudomulyo dan Sidokarto di Kapanewon Godean; dan Sumberrahayu di Kapanewon Moyudan.

Sosialisasi kepada warga terdampak belum ditentukan jadwal pelaksanaannya. “Kami masih menunggu jadwal dari Dispertaru [Dinas Pertanahan dan Tata Ruang] DIY,” ungkapnya.

Kepala Dispertaru DIY, Krido Suprayitno, mengatakan Tol Jogja-YIA akan dibangun di lahan sepanjang 38,75 kilometer yang melewati 3 kabupaten, 11 kapanewon dan 30 kalurahan. "Sleman meliputi 2.175 bidang dengan luas lebih kurang 1.203.949 meter persgi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement