Advertisement

Genapi Peringatan Hari Sumpah Pemuda, KNPI Gunungkidul Luncurkan Forum Rembuk Pemuda

David Kurniawan
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Genapi Peringatan Hari Sumpah Pemuda, KNPI Gunungkidul Luncurkan Forum Rembuk Pemuda Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Gunungkidul resmi membentuk program Rembuk Pemuda, Jumat (28/10/2022). Program ini bisa menjadi wadah dan sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat, khususnya dari kalangan generasi muda dari Bumi Handayani.

Ketua KNPI Gunungkidul, Heri Santosa mengatakan, Forum Rembuk Pemuda merupakan aksi nasional dan merupakan amanat dari KNPI di tingkat Pusat. Hal ini pun ditindaklanjuti dengan pembentukan wadah aspirasi para generasi muda ini. “Momennya pas karena peluncuran bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda,” kata Heri di Taman Budaya Gunungkidul, Jumat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia berharap keberadaan forum ini bisa dimaksimalkan. Rencananya rembuk pemuda akan menjaring berbagai aspirasi masyarakat hingga tingkat kapanewon.

Baginya aspirasi ini sangat penting karena akan menjadi masukan bagi Pemkab Gunungkidul. Berbagai masukan dan saran bisa menjadi bahan dalam menyusun rencana aksi daerah (RAD) yang bertujuan mendukung program pembangunan di Bumi Handayani. “Sudah kami terjunkan ke kapanewon-kapanewon untuk menjaring aspirasi. Selain itu, kami juga bekerjasama dengan organisasi perangkat daerah terkait,” katanya.

BACA JUGA: Sukseskan Pemilu 2024, Perekaman KTP-El Dilakukan di Sekolah

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gunungkidul, Supriyanto mengapresiasi dibentuknya forum rembuk pemuda. Ia berharap keberadaan forum ini bisa memberikan inspirasi dan aspirasi sehingga tidak hanya sebatas program semata.

Salah satunya dengan adanya penjaringan aspirasi maka KNPI dapat memberikan konstribusi dalam program pembagunan daerah. “Kami dukung adanya gerakan untuk mencari aspirasi ini. Sebab rembuk pemuda maka berbagai permasalahan yang ada di masyarakat bisa diketahui. Setelah itu, bisa dicarikan solusi bersama agar masalah yang muncul dapat terselesaikan,” kata Supri.

Peresmian Rembuk Pemuda diawali dengan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman TBG. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul, Endah Subekti bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Advertisement

Didalam sambutannya ia meminta kepada para pemuda bisa menjadi generasi penerus yang unggul serta berkualitas serta sehat secara jiwa dan raga. Di tangan generasi mudalah masa depan Gunungkidul maupun Bangsa Indonesia akan ditetntukan ke depannya seperti apa. “Mereka adalah calon-calon pemimpin. Jadi, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar pembangunan di daerah maupun negeri ini dapat terus dilanjutkan,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement