Advertisement

Butuh Bantuan Masyarakat dalam Tangani Masalah Kebakaran, Damkarmat Jogja Bentuk Forum Komunikasi

Yosef Leon
Kamis, 03 November 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Butuh Bantuan Masyarakat dalam Tangani Masalah Kebakaran, Damkarmat Jogja Bentuk Forum Komunikasi Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), Kota Jogja tengah merumuskan pembentukan Forum Komunikasi Kebakaran di tingkat Kota Jogja. Pembentukan itu diharapkan bisa melibatkan masyarakat dari berbagai unsur untuk berpartisipasi dalam penanggulangan kebakaran.

Kepala Dinas Damkarmat Kota Jogja, Octo Noor Arafat mengatakan pembentukan Forum Komunikasi Kebakaran sesuai dengan amanah Peraturan Kota Jogja No.1/2018 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran. Melalui forum itu, pemerintah bersama para pemangku kepentingan berkolaborasi dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Forum ini basisnya tingkat kota. Daerah bisa membentuk forum yang berkolaborasi untuk mendorong kesadaran masyarakat berpartisipasi aktif dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” kata Octo, Kamis (3/11/2022). 

Forum Komunikasi Kebakaran nantinya diisi berbagai pemangku kepentingan di masyarakat yakni tokoh masyarakat, tokoh agama, kampung, komunitas, kampus dan korporasi. 

BACA JUGA: KPU Jogja Mulai Persiapan Buka Pendaftaran PPK untuk Pemilu 2024

Mereka yang dipilih juga mesti memiliki pengaruh luas di masyarakat sehingga bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam mencegah kebakaran di lingkungan masing-masing.

“Target kami bisa dibentuk pada 2023 mendatang. Lembaga ini harapan kami bisa menyosialisasikan pentingnya upaya untuk melindungi lingkungan masing-masing dari bahaya kebakaran serta antisipasinya,” ujar dia.

Selain itu, kolaborasi dalam lembaga itu diharapkan bisa membantu mempercepat waktu respon ketika petugas akan menuju ke lokasi. Misalnya ketika sistem proteksi kebakaran di gedung sudah bagus, Forum Komunikasi Kebakaran dari korporasi bisa ikut mencegah dan melakukan penanganan kebakaran di lingkungan sekitar.

Advertisement

“Ini yang kami harapkan. Bukan hanya untuk kepentingan gedung korporasi. Jadi ada semacam tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan untuk membantu pencegahan dan penanggulangan kebakaran di lingkungan sekitar,” kata Octo.

Saat ini, dinasnya tengah melakukan persiapan pembentukan Forum Komunikasi Kebakaran dengan menjalin komunikasi dan koordinasi bersama daerah yang sudah memiliki lembaga serupa. 

Octo menyampaikan dinasnya akan belajar dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta yang telah membentuk forum komunikasi kebakaran di wilayahnya. 

Advertisement

Menurutnya keberadaan lembaga itu penting karena wilayah yang tidak luas namun memiliki permukiman padat penduduk dan pusat kegiatan ekonomi sehingga potensi kebakaran tinggi. 

Sampai akhir September, Dinas Damkarmat Kota Jogja sudah menangani 42 kejadian kebakaran di dalam kota dan membantu 51 kejadian penanganan kebakaran di luar Kota Jogja.

“Melalui forum itu diharapkan bisa bagaimana membangun kesadaran bersama untuk berkolaborasi bersama untuk mencegah kebakaran,” tegasnya. 

Keberadaan Forum Komunikasi Kebakaran ke depannya akan melengkapi peran Relawan Pemadam Kebakaran yang sudah terbentuk di setiap RW setidaknya satu personel. Adapun jumlah Relawan Pemadam Kebakaran di Kota Jogja saat ini ada sebanyak 703 orang. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement