Advertisement

Tiap Tahun Selalu Banjir, Lokasi Balai Dusun di Gunungkidul Ini Ternyata Bekas Telaga

David Kurniawan
Minggu, 06 November 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Tiap Tahun Selalu Banjir, Lokasi Balai Dusun di Gunungkidul Ini Ternyata Bekas Telaga Kondisi Balai Dusun Gabukan dan Gedung Paud di Kalurahan Songbanyu, Girisubo yang terendam banjir pada Minggu (6/11 - 2022) / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULBanjir yang merendam gedung sekolah, Paud dan Balai Dusun Gabukan di Desa Songbanyu, Girisubo bukan pertama kalinya. Pasalnya, hampir setiap tahun di lokasi ini sering terjadi banjir.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), BPBD Gunungkidul di Kapanewon Girisubo, Ngatijan mengatakan, banjir di Dusun Gabukan sudah menjadi langgananan setiap tahunnya. Sebagai contoh, sambung dia, di 2021 lalu juga terjadi hal yang sama dan membutuhkan waktu sekitar satu minggu agar benar-benar kering.

Advertisement

“Kalau sekarang mungkin butuh waktu sekitar tiga hari. Mudah-mudahan tidak hujan lagi, sehingga membantu dalam proses pengeringan,” katanya saat dihubungi, Minggu (6/11/2022).

Selain balai dusun, banjir juga merendam gedung SD Negeri Gabukan dan Paud yang berada di satu lokasi yang sama. Menurut dia, di lokasi banjir merupakan bekas telaga yang telah mati sehingga didirikan bangunan tersebut.

Praktis kondisi ini berpengaruh karena menjadi muara air dari wilayah dusun tersebut. “Lokasinya juga lebih rendah. Jadi, air masuk semua sehingga mengakibatkan terjadinya banjir,” katanya.

BACA JUGA: Kekerasan Seksual Atlet Berprestasi di Bantul, Polisi Panggil Terduga Pelaku

Adapun banjir juga terjadi karena luweng untuk saluran air juga tersumbat sehingga proses air surut menjadi terhambat. “Sudah ketemu luwengnya dan ada upaya pembersihan agar aliran lancar sehingga dapat mengurangi ketinggian air di lokasi banjir,” katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tujuh Anggota Kelompok Teroris Ditangkap Densus 88

News
| Kamis, 18 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement