Advertisement

Pelajari Perlindungan Perempuan dari Kekerasan, Peserta Pelatihan BKKBN dari Afghanistan Kunjungi Rifka Annisa

Media Digital
Rabu, 09 November 2022 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
Pelajari Perlindungan Perempuan dari Kekerasan, Peserta Pelatihan BKKBN dari Afghanistan Kunjungi Rifka Annisa Peserta pelatihan BKKBN dari Afghanistan saat mengunjungi Rifka Annisa sedang mendengarkan penjelasan terkait akses ruang aman bagi perempuan korban kekerasan, Senin (7/11/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA--Peserta pelatihan peningkatan kapasitas layanan perempuan dan anak dari Afganistan yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kunjungi Rifka Annisa, Senin (7/11/2022). Rifka Annisa dikunjungi untuk mengetahui perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan.

 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin menjelaskan bahwa lembaga yang dikunjungi peserta dari Afghanistan sudah dikaji dan dikondisikan terlebih dulu. “Biar peserta maksimal mendapatkan pengalaman dan pembelajaran dari organisasi atau lembaga yang dikunjungi,” jelasnya.

 

Shodiqin menjelaskan sebelum mengunjungi Rifka Annisa, peserta mengunjungi Puskesmas Gedongtengen. “Di Puskesmas Gedongtengen mereka menyaksikan langsung praktik pelayanan kesehatan dasar, terutama layanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana,” ujarnya.

 

Kunjungan kedua tempat tersebut sesuai dengan tema pelatihan. “Jadi selain materi, peserta juga mengikuti kunjungan lapangan agar lebih banyak pemahaman yang diperoleh, baik teori maupun praktik,” kata Shodiqin.

 

Advertisement

Plt Direktur Rifka Annisa Idiah Wahyu Andari mengapresiasi dan mendukung program pelatihan tersebut. “Kami sangat senang mendapat kunjungan ini karena bisa saling berdialog bersama terkait perlindungan perempuan dan anak,” jelasnya.

 

Idiah menyebut kunjungan tersebut penting untuk saling belajar bersama. “Apalagi di Afghanistan memiliki budaya yang berbeda jadi tantangan untuk perlindungan perempuan dan anaknya juga berbeda, kami jadi bisa saling belajar,” ujarnya.

Advertisement

 

Kerja sama antara pemerintah Indonesia melalui BKKBN dan Afghanistan, jelas Idiah, penting untuk terus dilanjutkan. “Terutama kerja sama dalam bidang peningkatan kapasitas pemberdayaan perempuan dan anak, ini penting karena isu pemberdayan perempuan harus terus diangkat,” jelasnya.

 

Kepala Puskesmas Gedongtengen Tri Kusumo Bawono juga turut mengapresiasi kunjungan ke unit kerjanya tersebut. “Peserta sangat antusias dan ingin tahu banyak hal soal layanan kami,” katanya.

Advertisement

 

Kusumo mengaku sangat senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman terkait layanan kesehatannya. “Untuk terus memajukan layanan kesehatan, kegiatan seperti ini penting dan bagus untuk terus dilanjutkan,” ujarnya.

 

Advertisement

Salah satu peserta kunjungan tersebut, Gulpari Nazari menyebut banyak hal dipelajarinya dari kunjungan tersebut. “Tujuan kami memang belajar dengan melihat langsung praktik di lapangan, agar benar-benar dapat kami aplikasikan di negara kami” tuturnya.

 

Gulpari menjelaskan kunjungan tersebut sebagai pengalaman berharga. “Kunjungan ini dan pelatihan sebelumnya sangat berharga, kami sangat terkesan dengan berbagai layanan yang ada di Indonesia, semoga bisa kami aplikasikan,” jelasnya. (***)

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

UMK Jogja 2023 Diumumkan 6 Desember

UMK Jogja 2023 Diumumkan 6 Desember

Jogjapolitan | 4 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022

News
| Selasa, 29 November 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement