Advertisement

Pemkot Jogja Sediakan Beragam Layanan di Rumah Layanan Disabilitas

Yosef Leon
Selasa, 15 November 2022 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Pemkot Jogja Sediakan Beragam Layanan di Rumah Layanan Disabilitas Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja mengenalkan Rumah Layanan Disabilitas yang berada di kompleks Unit Pelaksana Teknis (UPT) Panti Anak Wiloso Projo, Kemantren Jetis, Kota Jogja. Enam program yang dijalankan di tempat ini diharapkan mampu mewujudkan Jogja sebagai kota inklusi. 

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja, Maryustion Tonang mengatakan, lewat program ini pihaknya ingin menghadirkan program layanan yang terintegrasi kepada para difabel di Jogja. Enam layanan yang dihadirkan merupakan kebutuhan inti yang kerap kali ingin diakses oleh difabel mulai dari sosial hingga ketenagakerjaan. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Iki merupakan program tahap awal yang kami harapkan juga tumbuh di tempat lain, dengan tujuan difabel tidak lagi kesulitan mengakses beragam layanan yang dibutuhkan dan telah tersedia dalam satu lokasi yang terintegrasi," kata Tion, Selasa (15/11/2022). 

Adapun enam jenis layanan di bidang sosial dan ketenagakerjaan itu yakni pengajuan fasilitas alat bantu bagi penyandang disabilitas, layanan kegawatdaruratan untuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), layanan pemberian motivasi dan pelatihan singkat, konsultasi ketenagakerjaan, informasi lowongan kerja, dan layanan pembuatan kartu pencari kerja untuk penyandang disabilitas.

"Semuanya bisa dimanfaatkandan diakses oleh difabel dan ke depan rencananya akan kita kembangkan pula ke layanan yang lain," ujarnya.  

BACA JUGA: 12 Tahun Tak Digunakan, Eks Bioskop Permata Jogja jadi Tempat Pemutaran FFD 2022

Saat ini ada sebanyak 3.000 warga Jogja yang berstatus sebagai penyandang disabilitas. Sejumlah fasilitas dan layanan di tempat ini diharapkan bisa mewujudkan Jogja sbeagai kota inklusi tanpa adanya diskriminasi layanan terhadap para penyandanh disabilitas. 

Sekda Kota Jogja Aman Yuriadijaya mengapresiasi kehadiran Rumah Layanan Disabilitas. Menurutnya, dengan adanya layanan ini semakin menegaskan bahwa penyandang disabilitas setara dengan yang lain dan berhak mendapatkan layanan yang optimal. 

Advertisement

"Dibutuhkan dukungan ekosistem agar layanan di Rumah Layanan Disabilitas ini bisa memberikan dampak yang optimal," katanya.

Pembangunan ekosistem pendukung dapat dilakukan dengan berbagai langkah seperti membangun interaksi yang optimal dengan seluruh pihak, membangun kolaborasi, serta membangun jejaring yang luas.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement