Advertisement

Enam Kandidat Berebut Jabatan Sekda Bantul

Ujang Hasanudin
Rabu, 30 November 2022 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
Enam Kandidat Berebut Jabatan Sekda Bantul Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak enam kandidat mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul. Seleksi jabatan Sekda Bantul ini dilakukan mengingat Sekda saat ini Helmi Jamharis akan memasuki masa pensiun pada akhir Desember tahun ini.

Keenam kandidat tersebut merupakan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bantul. Mereka adalah Fenty Yusdayati selaku kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda); Agus Budi Raharjo selaku kepala Dinas Kesehatan; Nugroho Eko Setyanto selaku Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan); Trisna Manurung selaku kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kemudian Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip), Sukrisna Dwi Susanta; dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Bambang Purwadi Nugroho.

“Keenam kandidat ini yang sudah lolos seleksi administrasi adan assesment atau uji kompetensi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bantul, Isa Budi Hartomo, saat dihubungi Rabu (30/11/2022).

Isa yang juga bagian dari tim seleksi Sekda Bantul mengatakan para kandidat Sekda Bantul tersebut selanjutnya akan mengikuti seleksi penulisan makalah pada 5 Desember mendatang, kemudian dilanjutkan dengan seleksi wawancara oleh panitia seleksi (Pansel) Sekda Bantul.

Sementara Pansel Sekda Bantul terdiri dari Sekda DIY sebagai ketua Pansel, kemudian akademisi, dan juga pejabat BKPSDM Bantul. Meski Pansel Sekda Bantul dari provinsi, namun nantinya yang menentukan siapa yang berhak menduduki jabatan Sekda Bantul adalah bupati Bantul.

“Pansel hanya melakukan tes selama proses tahapans seleksi, kemudian hasilnya nanti akan disampaikan kepada bupati,” katanya.

Isa berharap calon Sekda Bantul nantinya yang benar-benar sesuai kriteria, di antaranya bisa diterima oleh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat, pintar, profesional, humanis, bersih dan sehat jasmani dan rohani. Ia meminta semua kandidat untuk menunjukan kompetensinya masing-masing dihadapan pansel.

Lebih lanjut mantan kepala Dinas Pertanahan dan tata Ruang (Dispertaru) ini mengatakan bahwa keenam kandidat Sekda Bantul tersebut semuanya merupakan ASN Bantul. Padahal seleksi Sekda Bantul terbuka bagi ASN di lingkungan Pemda DIY maupun kabupaten dan kota se-DIY.

“Kebetulan yang yang mendaftar dan lolos seleksi dari Bantul semua,” ucapnya.

Sekretaris Komisi A DPRD Bantul, Jumakir berharap Sekda Bantul yang terpilih nantinya bisa merangkul semua ASN di Bantul dan juga bisa membangun hubungan dengan DPRD dan instarnsi lainnya di luar Pemkab Bantul  terutama di Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

“Intinya harus lebih baik dan bisa menjaga hubungan baik dengan semuanya,” kata Jumakir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement