Advertisement

Sah! Gunungkidul Kini Punya Sekda Baru

David Kurniawan
Kamis, 01 Desember 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Sah! Gunungkidul Kini Punya Sekda Baru Logo Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menunjuk Asisten Sekretariat Daerah (Asek) 3 Bidang Administrasi Umum, Sigit Purwanto sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah. Penunjukan dilakukan karena pejabat lama Drajad Ruswandono memasuki masa pensiun mulai Kamis (1/12/2022).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Iskandar mengatakan, bupati sudah menandatangani surat penunjukan Plh Sekda yang baru. untuk sementara ketugasan Sekda diserahkan kepada Asek 3, Sigit Purwanto.

Advertisement

“Sudah ditunjuk dan sekarang sudah mulai menjalankan tugas sebagai Plh Sekda Gunungkidul,” kata Iskandar kepada wartawan, Kamis siang.

Menurut dia, penunjukan Plh dilakukan karena pejabat lama sudah pensiun mulai 1 Desember 2022. Adapun proses lelang jabatan belum selesai karena dari tiga nama yang masuk kandidat belum dipilih.

Ketiga nama yang lolos tiga besar meliputi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Saptoyo; Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sri Suhartanta. Sedangkan satu calon lain merupakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Markus Tri Munarja.

“Jadi Plh Sekda akan bertugas hingga ditetapkannya Sekda definitif lewat seleksi terbuka,” katanya.

BACA JUGA: Mantan Presiden China, Jiang Zemin Meninggal Dunia Pagi Ini

Menurut dia, tahapan lelang masih dalam proses. Selain itu, penunjukan sekda defintif nantinya juga melalui koordinasi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

“Untuk asesmen dan uji kompetensi sudah dilakukan sebelum ditetapkannya tiga calon sekda,” katanya.

Mantan Sekda Gunungkidul, Drajad Ruswandono saat dikonfirmasi membenarkan dirinya sudah pensiun. Adapun ketugasannya sebagai sekda telah berakhir pada Rabu (30/11/2022).

“Saya pensiun bareng dengan Bu Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Siwi Iriyanti,” katanya.

Menurut dia, tugas sebagai birokrat sudah selesai dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan pekerjaannya sebagai abdi Negara. “Saya juga berterimakasih kepada teman-teman wartawan.  Semoga senantiasa dalam lindungan-Nya diberikan kesehatan, keselamatan, keberkahan dan kesuksesan,” katanya.

Disinggung mengenai aktivitas pascapensiun, Drajad mengakui akan lebih giat lagi menjalani hobinya untuk bersepeda. “Tentunya olahraga sepeda akan lebih digiatkan lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement