Advertisement

UMK Gunungkidul 2023 Terendah se-DIY, Suara Buruh Terbelah

Triyo Handoko
Rabu, 07 Desember 2022 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
UMK Gunungkidul 2023 Terendah se-DIY, Suara Buruh Terbelah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Upah Minimum Kabupaten (UMK) Gunungkidul pada 2023 resmi ditetapkan pada angka Rp 2.049.266, nilai tersebut menjadi UMK terendah di DIY. Keputusan UMK tersebut direspons beragam oleh serikat buruh, ada yang menerimanya ada juga yang menolaknya.

Penolak UMK Gunungkidul 2023 datang dari Serikat Pekerja Merdeka Sejahtera (Semesta) Gunungkidul. Menurut Semesta Gunungkidul penetapan UMK harusnya dengan standar kehidupan layak (KHL).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ketua Semesta Gunungkidul Dani Susanto menyebut penetapan UMK Gunungkidul juga ironis. “Kalau penetapan UMK pakai inflasi kan nilainya 11%, ini yang teradi malah naik cuman 7% saja, ini kan ironis karena harusnya pakai Permenaker No.18/2022 perhitunganya inflasi,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Dani menjelaskan kenaikan UMK Gunungkidul yang hanya sebesar Rp149.266 dari sebelumnya Rp1,9 juta tak dapat menyejahterakan buruh. “Standar KHL untuk mensejahterakan buruh di Gunungkidul UMK yang ideal Rp3 juta, ini kan di bawahnya sekali,” ujarnya.

BACA JUGA: UMK Kabupaten/Kota di DIY Ditetapkan, Ini Besaran dan Total Kenaikannya

Inflasi yang terjadi pada 2023, jelas Dani, akan sangat berdampak ke buruh. “Sudha dimulai kenaikan BBM, listrik, sampai harga pangan, nilai UMK yang ditetapkan sekarang jauh dari itu, buruh bisa sengsara ini,” keluhnya.

Sementara itu Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC KSPSI) menyebut besaran UMK yang sudah ditetapkan sudah sesuai dengan kesepakatan yang diikutinya. “Kesepakatannya memang begitu baik dari Pemkab Gunungkidul, pengusaha, buruh, dan akademisi,” jelasnya, Rabu sore.

Ketua  DPC KSPSI Gunungkidul Budiyana menjelaskan sebelumnya sudah mengusulkan kenaikan UMK sebesar 10%. “UMK 2023 ini harus diikuti oleh semua pihak, terutama oleh pengusaha,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement