Advertisement

DIY Percepat Vaksinasi Booster Pertama untuk Pelajar

Sunartono
Jum'at, 09 Desember 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
DIY Percepat Vaksinasi Booster Pertama untuk Pelajar Salah satu pelajar mengikuti vaksinasi di SMK Muhammadiyah Berbah, Sleman, Kamis (4/11/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY merencanakan percepatan pemberian vaksinasi booster pertama untuk usia remaja atau pelajar karena capaian masih rendah. Adapun capaian vaksinasi booster pertama untuk remaja di DIY berada di angka 9,59%.

Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DIY Setyarini Hestu Lestari menjelaskan pemberian vaksinasi booster bagi remaja akan diupayakan percepatan. Beberapa waktu lalu Dinas Kesehatan DIY sudah melakukan pembahasan terkait vaksinasi remaja di DPRD DIY dan disepakati pemberian vaksinasi remaja harus digencarkan karena persentase masih rendah.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Kabar Gembira! Stok Vaksin Booster di Sleman Kembali 

“Kami sedang melakukan persiapan untuk pemberian vaksinasi remaja, kabupaten dan kota juga siap untuk membantu melakukan percepatan,” katanya, Jumat (9/12/2022).

Ia mengatakan stok vaksin yang dimiliki DIY dinilai masih cukup untuk melakukan akselerasi vaksinasi booster untuk pelajar. Dalam waktu dekat ini Dinkes DIY akan melakukan koordinasi dengan Disdikpora DIY untuk melakukan pendataan kebutuhan pelajar yang akan diberikan vaksinasi. Begitu juga dengan tempat nanti akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

“Soal jumlahnya berapa ini kami masih menunggu Disdikpora DIY, prinsipnya kami siap, karena stok vaksin ada dan masih cukup,” ujarnya.  

Ketua Komisi A DRPD DIY Eko Suwanto mengatakan DIY masih memiliki biaya tak terduga (BTT) yang dapat digunakan untuk membantu memfasilitasi percepatan vaksinasi. Ia sepakat dengan akselerasi vaksinasi untuk remaja karena capaian baru di angka 9,59% yang tergolong paling rendah disbanding sasaran lain seperti lansia dan umum.

“Karena menurut para pakar vaksinasi ini menjadi salah satu yang paling efektif agar tidak parah Ketika terinfeksi, sehingga kami mendukung Dinkes DIY untuk melakukan percepatan dengan menyasar remaja,” ujarnya.

BACA JUGA : Masyarakat Merasa Cukup 2 Kali Disuntik, Vaksinasi Booster

Selain itu, Eko mendorong kepada dinas terkait untuk Kembali mengingatkan protokol kesehatan demi mencegah terjadi penularan Covid-19. Pada tempat publik maupun  tempat wisata sebaiknya tetap menyediakan fasilitas prokes seperti untuk cuci tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement