Advertisement

Siraman Erina Gudono, Air dari 7 Sumber, Batik Grompol, hingga Pemotongan Rambut

Anisatul Umah
Jum'at, 09 Desember 2022 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Siraman Erina Gudono, Air dari 7 Sumber, Batik Grompol, hingga Pemotongan Rambut Permaisuri Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Hemas (kiri) saat prosesi siraman Erina Gudono. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Rangkaian prosesi pernikahan putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono digelar di rumah mempelai putri di daerah Purwosari, Sinduadi, Kapanewon Mlati, hari ini, Jumat (9/12/2022).

Rangkaian itu dimulai dengan acara siraman. Siraman pertama kepada mempelai perempuan Erina Gudono dilakukan oleh sang ibu, Sofiatun Gudono. Sang ibunda nampak menyiramkan air ujung kepala hingga ujung kaki Erina. Di mana air yang digunakan berasal dari tujuh sumber.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Di antaranya air zamzam dari Masjidil Haram, kediaman calon pengantin wanita, kediaman calon pengantin pria, Kraton Ngayogyakarta Hadingrat, Kraton Surakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman.

Sejumlah tamu juga turut serta dalam proses siraman. Seperti Permaisuri GKR Hemas, istri Wakil Gubernur, GKBRAy Atika Purnomowati; Siti Faridah Pratikno, Sutati Muhaimin, Zulaikha Surenggane, dan Nyai Hj. Fatimatuz Zahro.

BACA JUGA: Dua Unit Mobil Listrik UGM Antar Tamu Pernikahan Kaesang-Erina

Setelah mengikuti siraman, Erina dikeringkan dan dikenakan singep kain batik bermotif grompol. Pengenaan kain batik bermotif grompol di pundak Erina diyakini memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan segala cinta dari kedua keluarga.

Grompol memiliki arti menyatu dan rukun. Sedangkan kain batik yang dikenakan saat menjalani upacara siraman bermotif nogosari. Lalu dilakukan pemotongan rambut Eria di tiga bagian.

Bagian dahi bermakna ikhlas, siap meninggalkan masa muda dan lajang. Rambut di ubun kepala mengingatkan untuk selalu rendah hati. Dan rambut bagian tengkuk mengingatkan agar berani untuk introspeksi diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement