Advertisement

Dosen FKKMK UGM Kuatkan Penelitian Manajemen Rumah Sakit

Media Digital
Jum'at, 16 Desember 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Dosen FKKMK UGM Kuatkan Penelitian Manajemen Rumah Sakit Dosen Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK), Adi Utarini, dalam bedah buku Metode Penelitian: Prinsip dan Aplikasi dalam Manajemen Rumah Sakit, di FKKMK UGM, Jumat (16/12/2022). - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN—Gerak organisasi rumah sakit ditentukan kecakapan pimpinan dan manajer dalam mengelola beragam sumber daya yang tersedia dan peran berbagai profesi yang terlibat, baik tenaga kesehatan maupun nonkesehatan.

Untuk mengakomodasi kebutuhan yang kompleks ini, manajemen yang kuat di dalam sebuah rumah sakit sangat diperlukan. Mendukung hal tersebut, dosen Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK), Adi Utarini, menerbitkan buku Buku Metode Penelitian: Prinsip dan Aplikasi untuk Manajemen Rumah Sakit.

Advertisement

Ia menjelaskan kepemimpinan tingkat pengambil kebijakan maupun manajerial pada berbagai level di rumah sakit membutuhkan penelitian sebagai bagian dari dasar strategi untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan sesuai dengan perkembangan terkini.

Buku Metode Penelitian: Prinsip dan Aplikasi dalam Manajemen Rumah Sakit hadir sebagai referensi bagi rumah sakit untuk dapat mengaplikasikan secara spesifik penelitian dari berbagai bidang keilmuan dalam beragam inovasi yang dilakukan.

Buku ini menyediakan ulasan komprehensif tentang metode penelitian untuk memberikan pemahaman lengkap dan menyeluruh pada pengambilan keputusan klinis maupun manajemen dengan basis bukti atau evidence-based medicine dan evidence-based management.

“Bagian utama ada pendahuluan, tinjauan pustaka, paling banyak metode penelitian, ada statistik, kuantitatif, kualitatif, pendekatan, kemudian ada buku kerja yang menuntun step by step detail mencari masalah,” katanya dalam bedah buku Metode Penelitian: Prinsip dan Aplikasi dalam Manajemen Rumah Sakit, di FKKMK UGM, Jumat (16/12/2022).

Dekan FKKMK UGM, Yodi Mahendradhata, menuturkan belum ada buku serupa yang membahas konten seperti dalam buku ini. Menurutnya, buku ini berpotensi dibuat dalam bahasa Inggris untuk diakses secara internasional.

“Kalaupun belum ke arah sana saat ini, setidaknya dalam beberapa tahun kedepan buku ini menjadi referensi wajib kuliah kuliah metode penelitian maajemen rumah sakit di Indonesia. Ke depan akan banyak dikutip dalam daftar Pustaka, tesis, disertasi, ataupun artikel jurnal terkait manajemen rumah sakit,” katanya.

Ia berharap kedepan semakin banyak dosen FKKMK UGM yang menghasilkan karya seperti ini. Karya yang mempelopori perkembangan berbagai ranah keilmuan kedokteran dan kesehatan. “Semoga buku ini dapat semakin mendorong peningkatan kualitas riset manajemen rumah sakit,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement