Advertisement

Masuk Libur Akhir Tahun, Jumlah Penumpang Bus Angkutan Perkotaan Meroket

Yosef Leon
Rabu, 28 Desember 2022 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Masuk Libur Akhir Tahun, Jumlah Penumpang Bus Angkutan Perkotaan Meroket Sejumlah penumpang menunggu kedatangan bus Trans Jogja di halte KH Ahmad Dahlan, Rabu (28/12/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Masa libur Natal dan menjelang Tahun Baru membuat aktivitas bus perkotaan yang melalui Terminal Giwangan meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.

Penumpang yang mengakses layanan bus perkotaan tercatat naik sebanyak 43% untuk kedatangan dan 71% untuk keberangkatan pada rentang 19-26 Desember 2022. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Petugas Pelayanan Satuan Pelayanan Terminal Giwangan, Evak Nur Wahid menjelaskan, pada periode tersebut rata-rata penumpang yang datang dan berangkat dengan bus perkotaan berada di angka 1.000 orang per hari.

Puncaknya berada pada 24 Desember lalu dengan jumlah penumpang datang sebanyak 1.360 dan 1.378 penumpang yang berangkat.  "Kenaikan pas di puncak itu bahkan 111 persen dibandingkan tahun lalu. Termasuk Trans Jogja ya. Perputaran orang di dalam perkotaan termasuk bagus. Terutama di akhir-akhir ini ya. Terutama pada pagi dan sore itu cukup padat," kata Evak, Rabu (28/12/2022). 

BACA JUGA: Meski Dapat Ancaman, SMA Bosa Jogja Tetap Laporkan Insiden Perusakan ke Polisi

Menurutnya trayek yang paling banyak diakses masih menuju ke kawasan Malioboro atau pusat kota. Sementara untuk jalur yang menuju pinggiran masih landai melayani penumpang.

Bagi penumpang yang berpelesir ke Jogja dengan angkutan non pribadi, transportasi umum itu masih menjadi salah satu pilihan saat menuju ke tengah kota. "Kami kan juga ada pembatasan bagi bus yang masuk area kota, bus wisata ya. Masyarakat umum sekarang malah lebih banyak pakai Trans Jogja, kalau masuk kota sekarang kan juga susah. Meskipun tetap macet tapi penumpang tidak susah cari parkir lagi," jelasnya. 

Apalagi pada beberapa area tujuan Trans Jogja juga sudah menambah trayek baru semacam Malioboro-Palbapang yang dapat diakses melalui Terminal Ngabean. Pengelola juga melakukan sejumlah penyesuaian rute di beberapa trayek lantaran permintaan yang cukup tinggi. 

"Terutama yang dari arah Palbapang itu cukup banyak memang yang mengakses. Pusatnya ya yang dari Ngabean juga cukup tinggi selama periode Natal lalu," jelas Evak. 

Direktur PT Anindya Mitra Internasional (AMI), Dyah Puspitasari selalu pengelola Trans Jogja mengakui terdapat peningkatan jumlah penumpang selama periode liburan Natal lalu.

Untuk persiapan menghadapi liburan akhir tahun, dia tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY untuk menambah armada pada beberapa trayek jika dinilai mendesak untuk melayani kebutuhan penumpang. 

"Ini sedang kammi bahas apakah perlu penambahan armada atau bagaimana dalam menghadapi periode libur akhir tahun nanti. Karena peminatnya memang cukup tinggi pada libur Natal lalu," ucap Dyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement