Advertisement

Hujan Deras, Tebing di Wisata Tlogo Putri Kaliurang dan Plunyon Longsor

Lugas Subarkah
Kamis, 29 Desember 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Hujan Deras, Tebing di Wisata Tlogo Putri Kaliurang dan Plunyon Longsor Kondisi Telogo Putri saat terjadi longsor akibat hujan deras, Kamis (29/12/2022) - Ist BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Hujan deras yang terjadi pada Kamis (29/12/2022) siang mengakibatkan sejumlah tempat wisata di lereng Merapi terdampak longsor, diantaranya yakni area wisata Telogo Putri dan Plunyon Kali Kuning.

Komandan Pos SAR Kaliurang, Kiswanto, menjelaskan hujan cukup deras mengakibatkan tebing di belakang Tlogo Putri longsor dan menimpa bangunan bekas kolam renang. “Longsor terus ke bekas kolam renang itu, akhirnya airnya meluap ke bawah,” katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Walau pada saat kejadian di Tlogo Putri sedang banyak wisatawan, ia memastikan tidak ada kerugian signifikan maupun korban jiwa. Bangunan bekas kolam renang tersebut sudah lama tidak digunakan. Material dari longsoran tebing masuk ke dalam bekas kolam renang, sehingga yang meluap ke area sekitarnya hanya berupa air.

BACA JUGA: Setahun, 162 Orang Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas di Bantul

“Pada prinsipnya tidak menimbulkan kerugian atau membahayakan. Hanya air yang sampai ke bawah. Bangunannya sudah lama gak dipakai. tinggal untuk pengambilan air untuk PAM air minum. Jadi tidak ada orang di sekitar situ, jadi relatif aman,” katanya.

Luapan air menurutnya juga tidak sampai ke area terminal Tlogo Putri. Adapun tebing di belakang Telogo Putri yang longsor berketinggian sekitar 12-15 meter. Beberapa jam pasca kejadian, air yang meluap juga terpantau sudah surut.

Selain di Telogo Putri, longsor juga terjadi di kawasan wisata Plunyon Kali Kuning. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Ahmadi, mengatakan ada beberapa titik longsor, salah satunya di area menuju pintu masuk.

“Kemudian sekitar loket, kemudian masuk lagi di jembatan Kali Kuning sempat ada pagar pembatas patah kena longsor. Material lunayan banyak tapi perlu kita pastikan aman tidak ada longsosr susulan,” ungkapnya.

Dengan kondisi demikian, kawasan wisata Plunyon pun ditutup sementara. “Kami pertimbangkan tadi kondisinya, besok belum bisa dikunjungi, kami tutup dulu sehari. Semoga bisa teratasi, kalau kondisi cuaca alam memungkinkan, akan kita buka kembali di hari sabtu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement