Advertisement

Pemkot Jogja Sebar 30 Gerobak Sampah untuk Bank Sampah

Triyo Handoko
Senin, 02 Januari 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Pemkot Jogja Sebar 30 Gerobak Sampah untuk Bank Sampah Penyerahan gerobak sampah yang diberikan DLH Jogja kepada bank sampah. Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja mempersiapkan 30 gerobak sampah agar dimanfaatkan masyarakat luas, khususnya pengelola bank sampah. Penyediaan 30 gerobak sampah ini dimaksudkan agar masyarakat lebih maksimal mengelola sampahnya sendiri.

Penyediaan 30 gerobak sampah tersebut juga dilakukan agar pemilahan sampah dilakukan secara mandiri oleh masyarakat sejak lingkungan rumah tangga.

Advertisement

Bank sampah yang membutuhkan gerobak sampah tersebut dapat mendapatkannya dengan mengajukan permohonan terlebih dulu.

Kepala DLH Sugeng Darmanto menjelaskan pembagian gerobak untuk memfasilitasi bank sampah agar mampu mewujudkan pengelolaan sampah yang lebih baik. “Ini bentuk dukungan kami untuk bank sampah agar makin baik manajemennya, agar prasarana mereka juga ikut meningkat,” katanya, Senin (2/1/2022).

BACA JUGA: Bank Sampah Tiap RW di Jogja Didorong Kelola Sampah Organik

Sugeng menjelaskan pemberian fasilitas gerobak sampah dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab bank sampah untuk mengelola sampah di wilayahnya. “Kalau sudah diberi fasilitas dan sarana semoga mereka juga turut bertanggung jawab untuk menangani sampahnya dengan sarana yang sudah diberikan,” jelasnya.

Fasilitasi lainnya, jelas Sugeng, untuk memaksimalkan pengelolaan sampah berbasis masyarakat akan ditingkatkan lagi pada 2023. “Ke depan akan kami tambah lagi fasilitas yang dapat digunakan masyarakat kaitannya pengelolaan sampah ini,” ujarnya.

Menanggapi masih banyaknya bank sampah yang tidak aktif, lanjut Sugeng, DLH akan terus mengusahakan agar membangkitkan bank sampah yang ada. “Karena mereka ujung tombak penanganan sampah di Jogja, koordinasi akan terus ditingkatkan agar bank sampah terus aktif apalagi ini TPST Piyungan ditutup dan kami punya target zero sampah anorganik,” katanya.

Anggota DPRD Jogja Antonius Fokki Ardiyanto mengapresiasi langkah fasilitasi DLH tersebut. “Kemarin saya ikut bantu bank sampah untuk bikin permohonan gerobak tersebut dan dikabulkan total ada tiga gerobak,” katanya, Senin siang.

Fokki menyebut tiga gerobak tersebut untuk Kelurahan Surokarsan RW 4, Brontokusuman RW 5, dan Keparakan RW 7. “Lewat gerobak ini, saya berharap pemilahan sampah lebih dimaksimalkan karena ada gerobak baru yang bisa menambah armada angkutan sampah jadi tidak disatukan antara sampah organik dan anorganik,” jelasnya.

Pemilahan sampah, jelas Fokki, jadi kunci utama program zero sampah anorganik. “Kalau tidak dipisahkan sejak awal di rumah tangga, maka akan menumpuk masalah penanganan sampah di tingkat berikutnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kru Lion Air yang Tabrak Garbarata di Merauke Negatif Alkohol & Narkoba

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement