Advertisement

Kapolda DIY Apresiasi Petugas Selamatkan Wisatawan Terseret Ombak di Paris

Andreas Yuda Pramono
Senin, 02 Januari 2023 - 11:47 WIB
Sunartono
Kapolda DIY Apresiasi Petugas Selamatkan Wisatawan Terseret Ombak di Paris Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, mengapresiasi anggota Polairud, Bripka Suharto, yang menyelamatkan wisatawan asal Salatiga yang terseret ombak di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul pada Minggu, (01/01/2023).

"Terima kasih kalian sudah berusaha keras menyelamatkan wisatawan," kata Kapolda DIY dalam keterangan tertulis.

Advertisement

Kabidhumas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto mengatakan  petugas telah bekerja keras untuk memberikan imbauan kepada wisatawan agar tidak bermain air atau bahkan berenang di laut.

BACA JUGA : Wisatawan Asal Sidoarjo Terseret Ombak di Parangtritis

"Petugas yang berada di Pos selalu siap siaga melakukan pengamanan. Kami bersyukur korban selamat sehingga dapat pulang berkumpul dengan keluarganya," katanya.

Ia mengimbau agar seluruh wisatawan mentaati petunjuk larangan yang ada. "Terutama agar tidak berenang di laut," katanya.

Pantai Parangtritis memiliki karakteristik tertentu seperti adanya Palung Laut di sekitar pantai sehingga dapat membahayakan pengunjung ketika bermain air di pantai atau bahkan berenang di laut.

Anggota Dit Polairud Polda DIY, Bripka Suharto, mengatakan kejadian bermula ketika korban bernama Fransisco, warga Salatiga, bersama delapan orang temannya bermain air di pinggiran pantai. Namun, ada salah satu dari teman korban nekat bermain terlalu ke tengah laut.

“Korban yang melihat itu berusaha memanggil rekannya untuk segera menepi. Nah, korban itu berada tepat di pinggir palung. Setelahnya, korban terseret ombak dan tenggelam,” ujarnya.

BACA JUGA : Enam Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Ngandong 

Bersama dengan anggota SAR Satlinmas, mereka lalu melakukan pertolongan. Beruntung, korban dapat diselamatkan. Korban yang dalam kondisi lemas langsung dibawa petugas untuk dilakukan observasi dan perawatan oleh petugas kesehatan. "Setelah kondisinya membaik, korban diperkenankan kembali ke rombongannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement