Advertisement

Tiga TPST Sleman Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Anisatul Umah
Senin, 02 Januari 2023 - 21:37 WIB
Budi Cahyana
Tiga TPST Sleman Ditargetkan Rampung Tahun Ini Sejumlah alat berat mengerjakan penggalian TPST Transisi Piyungan, Senin (20/6/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman menargetkan tiga tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) rampung dibangun tahun ini. Sampah dari Sleman tidak akan lagi dibuang di TPST Piyungan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman Dwi Anta Sudibya mengatakan TPST akan dibangun di empat lokasi dan tiga di antaranya selesai tahun ini. Wilayah yang akan menjadi tempat pendirian TPST adalah Kalasan, Caturtunggal, Sendangrejo, dan Turi. Namun, rencana pembangunan TPST di Turi masih dalam tahap negosiasi. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Keempat TPST itu akan menampung sampah dari semua wilayah di Sleman sehingga tidak ada sampah dari Sleman yang dibuang ke Piyungan. Saat ini, TPST Piyungan menampung sampah dari Kota Jogja, Sleman, dan Bantul. Kapasitas TPST Piyungan sudah penuh pada tahun ini.

BACA JUGA: Pekan Ini Seluruh Pedagang Pasar Godean Sudah Pindah ke Lokasi Transit

"Kami tahu jadwal Piyungan akan habis di 2023 sehingga kami mengejar waktu. Mudah-mudahan akhir tahun ini minimal tiga TPST sudah operasi," ucapnya, Senin (2/1/2023).

Demi menekan produksi sampah di Sleman, Bupati Sleman telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Gerakan Pilah Sampah dari Rumah. Namun, pemilahan sampah di rumah tangga masih sulit dijalankan sehingga pemerintah lebih fokus membangun TPST. TPST yang berada di Kabupaten Sleman akan dikelola oleh swasta tahun ini. Dia menjelaskan produksi sampah di Sleman sangat tinggi, per bulan mencapai 283 ton. 

Sementara itu, Kepala UPTD Persampahan Kabupaten Sleman Rita Probowati menyampaikan empat TPST yang tengah dibangun saat ini masih dalam tahap penyusunan detail engineering design dan izin Gubernur DIY. TPST yang kemungkinan segera dibangun berada di Kalasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement