Advertisement

Jalan Rusak Wisata Jeglongan Seribu di Gunungkidul Diperbaiki Tahun Ini

David Kurniawan
Rabu, 04 Januari 2023 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Jalan Rusak Wisata Jeglongan Seribu di Gunungkidul Diperbaiki Tahun Ini Komisi C DPRD Gunungkidul saat melihat kondisi jalan rusak penghubung Kapanewon Karangmojo-Semanu yang diberi sebutan wisata Jeglongan seribu. Rabu (4/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jalur penghubung Karangmojo-Semanu di Gunungkidul sepanjang 5,3 kilometer rusak parah. Saking parahnya, warga sekitar menyebutnya dengan Wisata Jeglongan Seribu.

Salah seorang warga Karangmojo, Widodo, mengatakan jalur antara Karangmojo dan Semanu butuh perbaikan segara. Sebab, jalur sudah rusak parah sehingga rawan kecelakaan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Gara-gara jalan yang rusak, ada yang memasang spanduk yang isinya sindiran dengan menyembut jalur rusak sebagai Wisata Jeglongan Seribu,” kata Widodo, Rabu (4/1/2023).

Dia berharap pemkab segera memperbaikinya. Jalur tersebut juga menjadi akses menuju objek wisata seperti Kalisuci dan pantai di Kapanewon Girisubo. “Kondisinya sudah parah, pengendara yang melintas harus ekstra hati-hati,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketuaa Komisi C DPRD Gunungkidul, Dhemas Kursiswanto. Menurut dia, ruas jalan Karangmojo sepanjang 4,3 kilometer. Adapun kerusakan mencapai 80% dari total ruas di jalan tersebut.

“Kondisinya memang rusak parah. Apalagi kondisi tanahnya juga bergerak sehingga menambah parah tingkat kerusakan,” katanya.

Dhemas menjelaskan sudah ada koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul. Rencananya perbaikan dilaksanakan di tahun ini.

“Tadi bersama-sama dengan DPUPRKP melihat secara langsung ke lokasi yang dikenal sebagai Wisata Jeglongan Seribu ini. berdasarkan perencanaan di 2023, jalur Karangmojo-Semanu masuk prioritas untuk perbaikan,” katanya.

BACA JUGA: Pukat UGM Minta Polisi Perdalam Motif Maling Laptop Jaksa KPK yang Buang Hasil Curiannya

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana mengatakan, perbaikan jalan rusak Karangmojo-Semanu sudah masuk agenda tahun ini. Total anggaran perbaikan yang dialokasikan sebesar Rp1,6 miliar.

Anggaran bersumber dari Dana Alokasi (DAK) Fisik sebesar Rp700 juta. Adapun sisanya sekitar Rp900 juta berasal dari Pagu Wilayah Indikatif Kapanewon (PIWK) 2023 yang dialokasikan untuk Kapanewon Karangmojo.

“Jadi perbaikannya akan dimulai dari wilayah Karangmojo terlebih dahulu kemudian lanjut ke Semanu,” kata Yana.

Ia mngatakan anggaran yang dimiliki pemkab masih sangat terbatas sehingga perbaikan jalan rusak dilakukan secara bertahap. DPUPRKP Gunungkidul sudah mengusulkan perbaikan jalur Karangmojo-Semanu memakau DAK fisik dari Pemerintah Pusat. Namun usulan yang diajukan tidak disetujui.

“Tahun ini DAK Fisik hanya mendapat Rp15 miliar. Semuanya habis untuk perbaikan di jalur wisata Nglanggeran sebesar Rp14,3 miliar dan sisanya Rp700 juta dipergunakan perbaikan di jalur Karangmojo-Semanu,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Angka Kemiskinan di Kabupaten Magelang Turun 0,82 Persen

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement