Advertisement

Punya Potensi Sumber PAD, Radio Pasar Jogja Didorong Tingkatkan Aspek Komersialisasi

Yosef Leon
Jum'at, 06 Januari 2023 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Punya Potensi Sumber PAD, Radio Pasar Jogja Didorong Tingkatkan Aspek Komersialisasi Para penyiar Radio Pasar sedang bertugas di ruangannya untuk memberikan layanan informasi pada warga Pasar Beringharjo, Senin (28/11/2022). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jogja mendorong pengelolaan radio pasar lebih dimaksimalkan untuk memperoleh alternatif pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor lain. Salah satu sumber informasi bagi warga pasar itu mesti berbenah dengan mengadopsi layanan digital agar tetap digandrungi para pendengarnya. 

"Di awal tahun ini kami ingin melihat sejauh mana sumber pendapatan daerah yang mempunyai potensi ditingkatkan pendapatannya dalam rangka menunjang pelaksanaan pembangunan, salah satunya lewat radio pasar ini," kata anggota Komisi B DPRD Kota Jogja Antonius Fokki Ardiyanto, Jumat (6/1/2023). 

Advertisement

Fokki menjelaskan di masa sekarang radio pasar selain berfungsi sebagai public service mestinya juga harus berkecimpung ke arah komersialisasi yang nantinya berdampak pada sumber baru pendapatan asli daerah di wilayah itu. Namun, pengelolaan komersialisasi radio pasar saat ini masih cenderung kurang optimal lantaran baru mengantongi pendapatan senilai Rp6 juta per tahun dari slot iklan. 

"Tentu itu minim sekali. Padahal potensi dari radio pasar ini cukup besar mengingat ada 19 pasar tradisional yang ada di Jogja," ujarnya.

Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja Gunawan Nugroho Utomo telah berencana memperluas layanan radio pasar yang saat ini baru melayani kebutuhan pendengar di Pasar Beringharjo. Operasional radio pasar yang kini masih mengadopsi sistem radio kabel akan dikembangkan ke layanan streaming

Menurutnya saat ini layanan radio pasar masih memuat seputar kebutuhan hiburan, informasi berita dan layanan promosi bagi pedagang di pasar itu. Siarannya diperdengarkan langsung lewat ratusan pengeras suara yang tersebar di seluruh pasar Beringharjo sejak pagi hingga sore hari. 

"Tentu akan kami optimalkan lagi ke depannya, apalagi melihat potensi pasar yang terus berkembang. Kami kaji dan koordinasikan dengan OPD lain yang nantinya bisa ikut berpartisipasi dalam proses pengembangan radio pasar ini," ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement