Advertisement

Trayek DAMRI YIA Makam Raja di Imogiri Bantul Dibuka, Ini Tarif dan Jadwalnya

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 10 Januari 2023 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Trayek DAMRI YIA Makam Raja di Imogiri Bantul Dibuka, Ini Tarif dan Jadwalnya Ilustrasi DAMRI. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Trayek DAMRI dari Yogyakarta International Airport (YIA) sampai Makam Raja-raja di Imogiri, Bantul, resmi dibuka pada Selasa (10/1/2023). Pembukaan jalur ini bertujuan meningkatkan angka kunjungan pariwisata di Imogiri yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, Singgih Riyadi, mengatakan peningkatan layanan angkutan umum seperti pembukaan trayek baru DAMRI tersebut dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Bantul merupakan kabupaten yang mempunyai destinasi pariwisata yang beragam, baik pantai, pegunungan, hutan, wisata sejarah, dan religi. Oleh karena itu Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan melalui penyediaan layanan angkutan umum. Langkah yang ditempuh adalah koordinasi dan kerja sama dengan Kemenetrian Perhubungan agar dapat menyediakan layanan angkutan di KSPN [Kawasan Strategis Pariwisata Nasional],” kata Singgih, Selasa (10/1/2023).

BACA JUGA: Jalan di Gunungkidul Setara Wonosari Jakarta PP, Butuh Rp600 Miliar untuk Bikin Mulus

Singgih mengatakan pembukaan trayek tersebut diawali dengan permohonan melalui Surat Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Nomor 551/541 tentang Permohonan Angkutan PEN/KSPN tertanggal 21 Maret 2022 dan Surat Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul No.551/1188 tentang Permohonan Perpanjangan Rute KSPN Tertanggal 30 Agustus 2022. Dasar pelaksanaan operasional tersebut adalah Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No.KP-DJRD 9842/2022 tentang Jaringan Trayek Angkutan Jalan Pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Tahun 2023.  

Rute pertama DAMRI tersebut dimulai dari Malioboro (Bank Indonesia), Titik Nol, Parangtritis, Pantai Baron, Taman Satya, dan kembali lagi ke Malioboro dengan jumlah armada dua unit. Sementara rute kedua, DAMRI akan melalui Makam Raja-raja Imogiri, Terminal Palbapang, YIA dengan jumlah armada dua unit.

Kemudian, jam operasional untuk rute Imogiri – YIA dimulai pukul 04.00 WIB hingga 13.00 WIB. Lalu, rute YIA – Imogiri dimulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Tarif yang dipatok untuk menggunakan DAMRI tersebut yaitu Rp20.000 per orang.

“Mohon dukungan dan apresiasi dari segenap masyarakat. Mudah-mudahan rute ini memberikan manfaat dan menjadikan rute ini semakin berkembang,” katanya.

Singgih kembali mengajak agar masyarakat mau menggunakan angkutan umum seperti DAMRI yang memiliki trayek baru.

Sebelumnya, Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dishub Bantul, Suyamto, mengatakan ada sekitar enam armada DAMRI Toyota Hiace. Dishub Bantul masih mengkaji kemungkinan perluasan konektivitas hingga Puncak Becici di kawasan Dlingo.

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan perpanjangan trayek tersebut diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan wisata sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

“Kami [Dispar Bantul] mendukung pembukaan trayek tersebut karena akan membuka tempat-tempat bersejarah. Kawasan makam raja-raja tersebut merupakan kewenangan Kraton, tapi kami membantu promosi agar makin ramai dikunjungi,” kata Markus, Selasa (10/1/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Turki, Kemlu Evakuasi 104 WNI yang Terdampak

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement