Advertisement

Diminta Segera Pergi, Pedagang Jl. Perwakilan Ditawari Pindah ke Pasar Klithikan

Newswire
Jum'at, 13 Januari 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Diminta Segera Pergi, Pedagang Jl. Perwakilan Ditawari Pindah ke Pasar Klithikan Jalan Perwakilan, Jogja. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemkot Jogja memberikan tawaran kebijakan afirmasi kepada pedagang di Jalan Perwakilan yang terdampak rencana pembangunan Jogja Planning Gallery berupa tempat berjualan di Pasar Klithikan.

“Kebijakan ini bukan relokasi melainkan kebijakan afirmasi sehingga nantinya pedagang dari Jalan Perwakilan bisa menjadi bagian dari pedagang di Pasar Klithikan,” kata Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya, Jumat (13/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menurut dia, kebijakan yang ditawarkan tersebut merupakan bagian dari keberpihakan Pemkot Jogja kepada pedagang yang sejak 4 Januari tidak lagi beraktivitas di ruas jalan tersebut.

Sebanyak 17 pedagang yang menempati kios di sisi utara Jalan Perwakilan juga sudah diajak mengunjungi lokasi di Pasar Klithikan yang ditawarkan sebagai tempat untuk mereka berjualan.

Pedagang diberi waktu sekitar satu pekan untuk mempertimbangkan tawaran tersebut dan selanjutnya bisa dilakukan proses administrasi menjadi pedagang di pasar tersebut.

BACA JUGA: Kios di Jalan Perwakilan Malioboro Segera Dibongkar, Pedagang Diminta Ambil Barang yang Tertinggal

Aman menilai, Pasar Klithikan cukup tepat ditawarkan kepada pedagang di Jalan Perwakilan karena memiliki berbagai potensi, seperti lokasi pasar yang strategis yaitu di Jalan HOS Cokroaminoto.

“Saat ini, kuliner di ruas jalan tersebut juga berkembang cukup baik. Sedangkan, pedagang dari Jalan Perwakilan juga merupakan pedagang kuliner sehingga mereka bisa melengkapi dan tidak perlu mengubah jenis dagangan,” katanya.

Selain itu, lanjut Aman, Pemkot Jogja berencana menata Pasar Klithikan khususnya untuk mendorong pertumbuhan kuliner. “Salah satu contohnya adalah di lantai II Pasar Kranggan. Dulu sepi tetapi sekarang ramai,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan rencana pembangunan Jogja Planning Gallery, Aman mengatakan, Pemkot Jogja bertugas untuk memastikan tidak ada aktivitas berjualan di Jalan Perwakilan Yogyakarta.

Pedagang di Jalan Perwakilan diberi waktu hingga Sabtu (14/1/2022) untuk mengosongkan tempat mereka berjualan karena selanjutnya akan dilakukan pembongkaran bangunan.

Lokasi toko yang selama ini digunakan pedagang adalah tanah milik Keraton Yogyakarta yang pengelolaannya diberikan kepada Pemerintah DIY.

Di lokasi tersebut akan menjadi bagian dari rencana pembangunan Jogja Planning Gallery oleh Pemerintah DIY selain lahan yang saat ini digunakan untuk Gedung DPRD DIY dan Teras Malioboro 2.

Jogja Planning Gallery akan menjadi pusat budaya yang juga menampilkan sejarah Jogja dan gambaran Jogja di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement