Advertisement

Bupati Gunungkidul Minta Panewu Jadi Duta Belasungkawa

David Kurniawan
Rabu, 25 Januari 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Bupati Gunungkidul Minta Panewu Jadi Duta Belasungkawa Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memberikan penghargaan kepada PanewuTepus, Alsito karena partisipasi aktifnya dalam dalam gerakan belasungkawa di Kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Rabu (25/1/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Bupati Gunungkidul, Sunaryanta meminta para panewu untuk memberikan ucapan belasungkawa kepada masyarakat yang ada anggota keluarganya meninggal dunia.

Hal ini disampaikan pada saat memberikan penghargaan kepada panewu yang aktif berpartisipasi dalam gerakan belasungkawa di Kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Rabu (25/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kepada seluruh panewu pada saat menyerahkan akta kematian, kartu keluarga maupun KTP-el yang diberikan saat takziah juga menyertakan ucapan belasungkawa,” kata Sunaryanta di sela-sela sambutannya, Rabu siang.

Menurut dia, pemberian ucapan belasungkawa agar masyarakat bisa lebih dekat dengan perangkat maupun pimpinan daerah. Hal ini dibutuhkan agar sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat dapat terus ditingkatkan. “Saya ucapkan selamat kepada Panewu Tepus dan Semin yang mendapatkan piagam penghargaan dalam gerakan pembelasungkawaan,” katanya.

BACA JUGA: Dijanjikan Fasilitas Berjualan, Warga Buka Blokade Akses ke Pantai Widodaren Gunungkidul

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja mengatakan, gerakan pembelasungkawaan yang dilakukan oleh panewu merupakan bagian dalam program tertib administrasi kependudukan. Pasalnya, ada program memberikan dokumen  akta kematian sebelum jenazah dikebumikan.

“Tidak hanya akta kematian, tapi juga Kartu Keluarga maupun KTP-el dengan status baru. sekarang sudah bisa dijalankan,” katanya.

Dia menjelaskan, hingga sekarang ada Kapanewon Semin dan Tepus menjadi wilayah yang aktif menyerahkan akta kematian ke warganya. Oleh karenanya, panewu di kedua kapanewon mendapatkan piagam penghargaan dari bupati. “Saya mengajak kepada semua panewu untuk meningkatkan pelayanan pelayanan adminduk dengan kualitas prima serta mamu bersinergi dengan kalurhan guna mewujudkan program tertib adminduk,” katanya.

Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan, Disdukcapil Gunungkidul, Ruspamilu Yulianto menambahkan, sesuai dengan instruksi dari bupati, didalam gerakan pembelasungkawaan tidak hanya menyerahkan dokumen administrasi kependudukan yang baru. Melainkan, pada saat penyerahaan juga ada ucapan tanda belasungkawa yang berasal dari bupati. “Bentuknya piagam belasungkawa denga tanda tangan elektronik dari bupati,” katanya.

Menurut dia, disdukcapil berkomitmen untuk memberikan kemudahan layanan  dalam upaya mewujudkan tertib adminduk. Pasalnya, pengurusan dokumentasi kependudukan tidak harus dilakukan ke kantor disdukcapil karena sudah bisa diakses di kapanewon maupun kalurahan.

“Untuk kartu identitas anak, kami juga sudah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit sehingga bisa diberikan setelah proses persalinan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement