Advertisement

Dijanjikan Fasilitas Berjualan, Warga Buka Blokade Akses ke Pantai Widodaren Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 25 Januari 2023 - 15:07 WIB
Sunartono
Dijanjikan Fasilitas Berjualan, Warga Buka Blokade Akses ke Pantai Widodaren Gunungkidul Proses mediasi untuk menyelesaikan konflik di Pantai Widodaren yang digelar di aula Kapanewon Saptosari. Selasa (25/1/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Aksi blokade jalan menuju Pantai Widodaren di Kalurahan Kanigoro, Saptosari akhirnya dibuka, Rabu (25/1/2023). Pembukaan tak lepas adanya kesepakatan antara warga dengan Pemerintah Kalurahan yang dipertemukan oleh pihak kapanewon pada Selasa (24/1/2023) malam.

Lurah Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul Suroso membenarkan adanya proses mediasi yang difasilitasi oleh Kapanewon Saptosari. didalam prosesnya ada sejumlah kesepakatan yang salah satunya membuka blokade jalan ke Pantai Widodaren.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Janjinya dibuka hari ini, tapi saya belum mengecek secara langsung karena hujan. Sekarang baru mengutus orang melihat di lokasi, apakah benar blokade jalan sudah dibuka atau belum,” katanya, Rabu.

BACA JUGA : Konflik di Pantai Widodaren Tak Kunjung Usai, Ini Harapan

Menurut dia, imbal balik dengan dibukanya akses menuju pantai, pemerintah kalurahan akan menyediakan tempat untuk berjualan bagi pedagang. Meski demikian, Suroso mengungkapkan pelaksanaan baru direalisasikan setelah disahkannya Anggaran Pendapatan Belanja Kalurahan (APBKal) 2023 Perubahan.

“Ya kalau sekarang belum bisa karena harus melalui pembahasan dalam APBKal terlebih dahulu,” katanya.

Suroso menambahkan, untuk lokasi berjualan tidak sama seperti bangunan yang dibantu melalui dana CSR. “Pengennnya seperti kios yang sudah ada, tapi dana CSR tidak setiap tahun diberikan,” katanya.

Panewu Saptosari, Eka Prayitna mengatakan, mediasi sudah digelar pada Selasa malam dengan menghadirkan warga bersama dengan pemerintah kalurahan Kanigoro. Ia pun mengaku proses berjalan lancar karena ada kesepakatan bersama sehingga blokade jalan bisa dibuka. “Hari ini dibuka,” katanya.

BACA JUGA : Kisruh Pantai Widodaren Ditutup Warga, Bupati Gunungkidul 

Meski demikian, Eka tidak menampik ada beberapa permintaan yang belum bisa disepakati. Untuk masalah kios dan tempat kamping akan difasilitasi oleh pemerintah kalurahan.

Adapun permintaan pembongkaran pagar belum bisa dilakukan. Ia berdalih pembongkaran harus koordinasi dengan investor. Adapun saat mediasi investor tidak diundang karena hanya menghadirkan perwakilan dari kalurahan dan warga. “Jadi belum bisa diakomodasi untuk masalah pembongkaran pagar,” katanya.

Eka berharap dengan berakhirnya permasalahan yang ada, maka potensi pengembangan pariwisata bisa lebih dioptimalkan. “Ya kalau ramai dan bisa maju, harusnya makin bersatu, bukan malah ada masalah. Dengan adanya kesepakatan yang dibuktikan dengan surat pernyataan, maka tidak ada masalah lagi ke depannya,” katanya.

Untuk diketahui, penutupan jalan menuju Pantai Widodaren dilaksankaan pada Senin (16/1/2023). Aksi dilakukan karena warga kecewa dengan Pemerintah Kalurahan Kanigoro terkait dengan pengelolaan di kawasan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement