Advertisement

Vaksinasi Booster II Diberikan, Begini Pandangan Epidemiolog UGM

Anisatul Umah
Kamis, 26 Januari 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Vaksinasi Booster II Diberikan, Begini Pandangan Epidemiolog UGM Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Pemerintah telah memulai layanan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat. Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria Wiratama mengatakan booster kedua bagi masyarakat belum begitu penting.

Menurutnya tingkat penularan Covid-19 saat ini tidak setinggi sebelumnya. Booster kedua bagi masyarakat umum, kata Bayu, mungkin dampaknya tidak terlihat dibandingkan dengan tenaga kesehatan (nakes). "Booster kedua sebenarnya belum begitu penting untuk saat ini," ucapnya kepada Harianjogja.com, Kamis (26/1/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan vaksinasi sebaiknya difokuskan kepada masyarakat yang belum mendapatkan booster pertama dan dosis lengkap. Masyarakat yang sudah booster pertama perlindungannya sudah bagus dibandingkan yang belum booster atau dosis lengkap.

"Karena mereka yang mendapatkan booster kedua adalah mereka yang sudah booster pertama di mana itu perlindungannya sudah bagus," ujar dia.

BACA JUGA: Vaksin Booster Kedua Sudah Bisa Diakses Warga Sleman

Vaksinasi booster kedua memang akan membuat imun meningkat. Tetapi efek nyatanya diperkirakan tidak terlalu nampak. Hal yang lebih penting saat ini menurutnya adalah kekebalan yang merata. "Itu lebih penting jadi lebih penting tingkat kekebalan dosis lengkap dan booster satu yang merata itu lebih penting."

Lebih lanjut dia menyampaikan, pemerintah perlu lebih menggiatkan vaksinasi secar door to door. "Melakukan survei di tempat yang minim cakupannya untuk tahu alasanya."

Dinkes Sleman mencatat per 24 Januari 2023 capaian vaksinasi dosis satu 101,8%, dosis kedua 94,6%, dosis ketiga 49,21%, dan dosis keempat atau booster kedua 2,20%.

Masyarakat Sleman sudah bisa mengakses vaksin Covid-19 booster kedua per 24 Januari 2023.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan dosis yang disiapkan sesuai dengan stok yang ada di Unit Pengelolaan Obat dan Alkes (POAK).

Booster kedua ini bisa diakses di dua rumah sakit umum daerah (RSUD) dan 25 puskesmas sesuai jadwal masing-masing. Sementara vaksin di Sleman City Hall (SCH) setiap akhir pekan. "Sudah bisa dimulai 24 Januari 2023," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement