Advertisement

SAR Baron dan Wediombo Akan Miliki Posko Baru Tingkat 2

David Kurniawan
Selasa, 31 Januari 2023 - 13:17 WIB
Jumali
SAR Baron dan Wediombo Akan Miliki Posko Baru Tingkat 2 Tim SAR menolong wisatawan yang pingsan di Pantai Baron, Senin (17/6/2019) - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dua Posko Satlinmas Rescue Istimewa di Gunungkidul akan dibangun pada 2023. Hal ini tak lepas adanya rencanan pembangunan gedung baru oleh Satpol PP DIY. Total pagu anggaran untuk pembangunan mencapai Rp2,1 miliar.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan, gedung baru untuk posko akan dibangun pada tahun ini. Adapun pembangunan menggunakan dana keistimewaan yang dikelola oleh Satpol PP DIY.

Advertisement

BACA JUGA: Jadi Satu-satunya di Indonesia, Satlinmas Rescue Istimewa Terdaftar di Aplikasi SIM Linmas

“Yang jelas tahun ini. Untuk kepastian kami serahkan sepenuhnya ke Pemerintah DIY, tapi kami sudah mulai persiapkan dari sekarang,” kata Marjono kepada wartawan, Selasa (31/1/2023).

Ia menjelaskan, untuk persiapan telah dilakukan dengan membongkar bangunan lama pada Senin (30/1/2023). Selain itu juga sudah memindahkan peralatan pendukung operasional ke posko sementara.

Rencananya selama gedung dibangun, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron bakal menggunakan bangunan yang dulunya dipergunakan pos perhubungan laut.

Oleh karena itu, Marjono memastikan kegiatan operasional pengawasan di kawasan pantai tidak terganggu dengan proses pemabngunan gedung yang baru.

“Mudah-mudahan proses pembangunan bisa cepat selesai,” harap Marjono.

Koordinator Satlinmas Rescue Wilayah 1 di Pantai Sadeng, Sunu Handoko mengatakan, pembangunan posko akan dilaksanakan di Pantai Wediombo.

Hingga sekarang masih dalam proses persiapan. Adapun pembongkaran bangunan lama baru dilaksanakan di awal Februari mendatang.

“Jadi yang dibangun tahun ini tidak hanya Baron, tapi juga dilaksanakan di Pantai Wediombo. Untuk detailnya bisa bertanya ke Satpol PP DIY yang akan membangunkan gedung baru,” kata Sunu.

Terpisah, Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan adanya rencana pembangunan dua posko Satlinmas Rescue di Wediombo dan Baron. Total pagu yang disediakan senilai Rp2,1 miliar.

“Pagunya sama. Masing-masing sebesar Rp1,07 miliar,” kata Noviar.

Ia menjelaskan, tahapan pembangunan masih dalam proses mencari rekanan yang akan mengerjakan proyek. Untuk bangunannya nanti akan dibuat bertingkat dengan tiga lantai.

“Masih proses. Mudah-mudahan Maret sudah mulai tahap pembangunan dengan jangka waktu selama enam bulan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement