Advertisement

Fokus Pengembangan Gunungkidul Beralih dari Selatan ke Utara

David Kurniawan
Rabu, 01 Februari 2023 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Fokus Pengembangan Gunungkidul Beralih dari Selatan ke Utara Embung Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap empat kecamatan atau kapanewon yang berada di sisi utara bisa saling terintegerasi dalam pembangunan. Keempat kapanewon ini meliputi Patuk, Ngawen, Gedangsari, dan Nglipar.

“Integrasi tidak hanya pada akses infrastruktu, tetapi juga berkaitan dengan sumber daya manusia,” kata Sunaryanta saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kapanewon Ngawen, Rabu (1/2/2023).

Advertisement

Menurut dia, pembangunan sisi utara Gunungkidul merupakan salah satu prioritas agar ada kesetaraan zonasi mulai dari sektor selatan, tengah hingga utara.

“Fokusnya selama ini berada di selatan. Sekarang dialihkan ke sektor utara,” katanya.

Menurut dia, intervensi program sudah mulai dijalankan di tahun ini. Namun demikian, akan dilanjutkan di 2024 mendatang.

Guna mempecepat pembangunan, Sunaryanta mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X. “Pembangunan akan dibiayai mengguakan dana keistimewaan,” katanya.

Sunaryanta menambahkan, pemerataan pembangunan dibutuhkan agar tidak ada kesenjangan antarwilayah di Gunungkidul. Ia menekankan, setiap wilayah memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga pengelolaannya berbeda pula.

“Kuncinya dalam perencaaan harus tahu betul bagaimana karakteristik dan ciri khas yang dimiliki. Perencanaan yang tepat akan menjadi penentu dalam keberhasilan pembangunan yang dilakukan,” katanya.

Panewu Ngawen, Sugito, mengatakan wilayahnya berbatasan dengan Jawa Tengah. Potensi yang dimiliki adalah kawasan wisata pengunungan berbasis religi budaya lokal. “Kami fokus untuk pembangunan infrastruktur, pengentasan kemiskinan hingga peningkatan perekonomian masyarakat,” katanya.

Dia berharap program kerja yang disusun dapat didukung oleh Pemkab Gunungkidul agar wacana yang dimiliki dalam upaya pembangunan di sektor utara benar-benar bisa diwujudkan. “Ada sejumlah program yang kami ajukan dan mudah-mudahan bisa difasilitasi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement