Advertisement

Tingkatkan Fokus Kinerja, Kepala OPD Gunungkidul Wajib Jalani Kesamaptaan

David Kurniawan
Jum'at, 10 Februari 2023 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tingkatkan Fokus Kinerja, Kepala OPD Gunungkidul Wajib Jalani Kesamaptaan Kegiatan kesamaptaan yang diinisiasi oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang dilaksanakan di GOR Handayani di Kapanewon Wonosari. Jumat (10/2/2023). - Istimewa Humas Pemkab Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengagendakan kegiatan kesamaptaan dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gelanggang Olahraga (GOR) Handayani, Jumat (10/2/2023). Program ini dilakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam setahun.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kesamaptaan. Selain lari keliling lapangan, juga ada lari multistage, push up maupun sit up.

Advertisement

“Tidak hanya kepala OPD. Saya ingin kesamaptaan juga menyasar seluruh Aparatur Sipil Negara [ASN] di linkup pemkab,” kata Sunaryanta kepada wartawan, Jumat siang.

Menurut dia, kegiatan olahraga yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin. Minimal dalam setahun ada dua kali program kesamaptaan.

Baca juga: Jogja Mulai Masuki Pancaroba, Awas Peningkatan Angin Kencang dan Longsor

“Pelaksanaan tidak dilakukan sendiri, tapi mendapatkan pendampingan dari personel TNI di Kodim 0730/GK,” katanya.

Surnaryanta berpendapat dengan rutin melakukan olahraga, maka daya tahan tubuh jadi semakin kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Pasalnya, dengan menjaga kebugaran tubuh maka fokus kerja juga akan meningkat.

“Dengan sehat maka kinerja dapat lebih dioptimalkan. Selain itu, juga siap menjalankan tugas kapan saja dibutuhkan,” katanya.

Menurut dia, dorongan untuk terus menjaga kesehatan tidak hanya dikhususkan bagi para pegawai di lingkup pemkab. Namun demikian, Sunaryanta juga meminta kepada masyarakat untuk rajin berolahraga.

“Sehat ini penting karena dengan kesehatan maka aktivitas bisa lebih leluasa dan optimal. Hal berbeda kalau sakit, mau apa-apa tidak bisa sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Wahyu Nugroho mengatakan, tidak melakukan persiapan khusus untuk mengikuti kegiataan kesamaptaan di GOR Handayani. Ia pun mengikuti seluruh kegiatan yang dipergunakan dalam rangka melatih fisik ini.

“Harus bangun lebih awal karena jam 06.00 WIB sudah dimulai,” katanya.

Menurut dia, kegiatan ini sudah sering dilaksanakan dan memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun tujuannya agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

“Tentunya siap mengikuti. Meski ada rasa capek, tapi manfaatnya juga akan dirasakan untuk menjaga kesehatan,” katanya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement