Advertisement

Pemuka Agama dan Kepercayaan DIY Bersepakat Perangi Krisis Iklim

Anisatul Umah
Minggu, 19 Februari 2023 - 07:17 WIB
Sunartono
Pemuka Agama dan Kepercayaan DIY Bersepakat Perangi Krisis Iklim Konferensi pers Simposium Lintas Pemuka Agama, Sabtu (18/2/2023). Anisatul Umah - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Para pemuka agama lintas iman dari DIY dan Jawa Tengah (Jateng) bersepakat untuk memerangi krisis iklim. Kesepakatan ini terbentuk dalam forum R20 yang diselenggarakan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DIY.

Pertemuan ini digelar atas dasar kegelisahan tantangan krisis iklim di abad ke-21. Berbagai bencana seperti banjir, kekeringan, hingga cuaca ekstrim terjadi sebagai akibat dari krisis iklim.

Advertisement

Dalam forum yang digelar selama dua hari 18-19 Februari 2023 di Hotel University UIN Sunan Kalijaga, para pemuka agama dan aktivis humanitarian bersepakat membangun solidaritas kemananusiaan dan hidup selaras dengan alam.

Wakil Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU, Mart Widarto mengatakan simposium ini digelar untuk merawat alam. Bersama pemuka agama dari Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Penghayat, dan lainnya duduk bersama mencari langkah kongkrit mengatasi krisis iklim.

"Kami merumuskan untuk membuat kegiatan bersama, misalnya di DIY dengan isu sampahnya beberapa teman bersepakat membuat gerakan terkait dengan pengelolaan sampah," paparnya dalam konferensi pers di Hotel University UIN Sunan Kalijaga, Sabtu (18/2/2023).

Gerakan ini akan menjadi piloting dan akan diaplikasikan oleh anggota-anggota lintas agama. Kegiatan ini akan dikerjakan bersama-sama oleh organisasi kemanusiaan berbasis agama dan kepercayaan.

"Ini menjadi rencana konkrit kami, beberapa sudah melakukan, tapi belum menjadi aksi bersama. Sampah dipilih karena menjadi penyumbang pemanasan global yang cukup tinggi," paparnya.

Melalui forum ini, para pemuka agama dan aktivis humanitarian bersepakat untuk membangun solidaritas kemanusiaan dan hidup selaras dengan alam. Nilai spiritualitas dari setiap agama menekankan relasi baik yang perlu dirawat antara Tuhan, manusia dan alam semesta.

Sehingga masalah krisis iklim ini menjadi tanggung jawab bersama umat manusia. Krisis lingkungan bukan hanya masalah ilmiah, politik, ekonomi, namun juga tantangan moral dan spiritual.

Pendeta GKJ Kemadang Gunungkidul, Kristiono menyampaikan sudah bersepakat untuk menyerukan pertobatan ekologis. Menjadi agen perubahan untuk melakukan langkah-langkah konkrit, pengelolaan dan perawatan alam semesta."Kami semua bersepakat menyerukan agar kita semua melakukan pertobatan ekologis," ucapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement