Advertisement

2 Hari Berturut-turut Wisatawan Terseret Arus Pantai Parangtritis

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 21 Februari 2023 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
2 Hari Berturut-turut Wisatawan Terseret Arus Pantai Parangtritis Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pelajar asal Kediri, Jawa Timur bernama Ahmad Johan Pratama, 15, terseret ombak Pantai Parangtritis setelah bermain-main di air pada Selasa (21/2/2023) pukul 15.05 WIB. Beruntung, korban masih dapat diselamatkan petugas SAR setempat. Sebelumnya pada Senin (20/2/2023), wisatawan asal Prancis juga terseret ombak di pantai ini. 

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah Operasional III Parangtritis-Depok, Arief Nugraha mengatakan bahwa awalnya korban datang ke Pantai Parangtritis bersama rombongannya menggunakan empat bus wisata.

Advertisement

“Setelah datang pukul 15.00 WIB, korban bersama tiga orang temannya langsung menuju pantai dan bermain air,” kata Arief dihubungi melalui ponsel pada Selasa (21/2/2023).

Arif mengatakan bahwa ketiga pelajar tersebut tidak mengetahui bahwa mereka bermain air di arus palung. Dua teman korban dapat menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian, namun korban justru terbawa arus balik palung ke arah tengah laut.

"Beruntung petugas langsung mengetahui kejadian itu dan segera melakukan pertolongan," katanya.

Jelasnya, korban berhasil diselamatkan dalam keadaan sehat. Setelah dilakukan pertolongan lanjutan di posko SAR Satlinmas Wilayah III, pelajar tersebut dapat kembali berkumpul bersama rombongan pelajar lain.

“Selama dua hari ini secara berturut-turut terdapat wisatawan yang terseret ombak. Kemarin ada dua yang terseret,” ucapnya.

Sehari sebelumnya, dua wisatawan yang salah satunya berasal dari Prancis terseret ombak Pantai Parangtritis.

Keduanya tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 11.30 WIB. “Kedua korban langsung bermain air di pantai, tanpa sadar ke daerah palung dan terseret ke tengah laut,” lanjutnya.

BACA JUGA: GK Disebut Muntah-Muntah Lihat Pembunuhan Sadis Pengusaha Jogja Morgan Onggowijaya

Dari kejadian tersebut, Arief tidak henti-hentinya memberikan imbauan kepada para wisatawan agar tidak nekat bermain air di Pantai Parangtritis. Tegasnya, Pantai Parangtritis memiliki karakter pantai dengan sejumlah cekungan sehingga membentuk arus palung.

"Arus palung tidak terlalu nampak, tetapi kalau ada yang terjebak bisa terseret dan ini yang menyebabkan banyak korban tenggelam di Pantai Parangtritis," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement